Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kalsium dan Magnesium pada Skincare untuk Kesehatan Kulit

Kompas.com - 22/02/2024, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai organ terbesar dan paling luar tubuh, kulit rentan mengalami kerusakan karena berbagai faktor.

Terutama faktor ekstrinsik yang berasal dari lingkungan, seperti paparan sinar UV dan juga polusi udara.

Untuk itu, dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr M. Akbar Wedyadhana, SpKK, FINSDV, FAADV menekankan pentingnya penggunaan skincare yang tepat dalam merawat dan melindungi skin barrier atau sistem pertahanan kulit.

"Bicara soal skin barrier, ternyata kalau di teori dasarnya kulit kering dikasih pelembap saja itu tidak cukup. Jadi perlu ada keseimbangan kalsium dan magnesium," katanya kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Baca juga: Hati-hati, Salah Pilih Produk Skincare Bisa Merusak Skin Barrier

Menurut dokter yang akrab disapa Dhana itu, kalsium dan magnesium memiliki beberapa manfaat penting bagi kulit.

Pertama, kalsium dan magnesium diperlukan untuk pertumbuhan atau proliferasi sel-sel kulit baru. Selain itu, keduanya juga diperlukan untuk diferensiasi atau perubahan bentuk sel-sel kulit.

"Setelah proliferasi kemudian ada diferensiasi, di mana sel-sel kulit naik ke permukaan atas dan berubah bentuk menjadi kulit ari (stratum korneum) atau yang dikenal kulit mati, untuk lepas setiap 40 hari," jelas Dr Dhana.

Ketika pertumbuhan dan perubahan sel kulit bisa terjadi secara teratur, maka ini bisa meminimalisir masalah pada kulit, seperti penuaan dini.

Baca juga: Apakah Boleh Gonta-ganti Skincare? Waspadai 3 Dampaknya

Menggunakan teknologi ion balancing minerals

Salah satu teknologi yang berhasil menggunakan ion dari mineral alam kalsium dan magnesium dalam formulasi skincare dengan stabil adalah ion balancing minerals.

Ion sendiri adalah molekul yang terdapat di dalam tubuh kita.

Dengan kadar ion yang seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel kulit melakukanperbaikan atau self healing serta memperkuat skin barrier, mengunci kelembapan, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

"Ketika dikombinasikan dengan intercellular lamellar emulsion– formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang sangat spesifik dan menyerupai struktur kulit manusia, sel kulit akan terangsang untuk membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak ataupun mengalami penuaan," ungkap Dr Dhana.

Baca juga: Pakai Skincare, Cara Self Healing untuk Kulit

@kompas.lifestyle Jerawat nggak boleh dipencet! Namun, masih ada aja orang-orang yang ‘gatal’ untuk memencet jerawatnya ketika muncul di wajah. Padahal, memencet jerawat tidak dianjurkan tidak dianjurkan oleh dokter kulit, karena menyebabkan masalah kulit baru. Yuk, simak sampai habis untuk tau penjelasan medisnya! #acne #jerawat #skincare #lifestyle ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com