Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Anak Berkebutuhan Khusus, Ini Cara Parenting Asri Welas

Kompas.com - 23/02/2024, 08:55 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Asri Welas mengungkap kondisi dan perkembangan anak keduanya, Rayyan Gibran Ridha Rahardja atau yang biasa dipanggil Ibran setelah menjalani terapi intensif untuk pengobatan penyakit langkanya. 

Diketahui, Ibran mengidap penyakit katarak sejak usia tiga bulan, dan kini tengah menjalani terapi sensorik dan motorik di sekolahnya. 

“Tadinya, Ibran itu enggak bisa bersosialisasi sama anak-anak di sekolahnya. Sekolah dia sekolah montessori memang, jadi gurunya menangani murid-muridnya secara intensif one on one, tapi sekarang Ibran udah bisa bergaul sama orang lain, menurut aku itu perkembangan yang Alhamdulillah banget,” ujar Asri Welas dalam sesi wawancara bersama awak media di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024). 

Baca juga: 4 Menu Diet ala Asri Welas, Jaga Tubuh Tetap Langsing

Baca juga: Dukungan Ibu Optimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Asri pun mengungkap, ada banyak tantangan dan hal yang ia lalui selama membesarkan Ibran. 

Pasalnya, anaknya yang satu ini punya treatment berbeda dibanding kedua anak Asri yang lainnya, yakni Ibam dan Ibrar.

Fokus melihat perkembangan anak

Asri mengatakan, dalam membesarkan anak, pastinya seorang ibu seringkali mendapat pertanyaan “anakmu sudah bisa apa saja?” dari orang lain. 

Namun, Asri tak ambil pusing dan memilih untuk tetap fokus terhadap kondisi Ibran yang sedang menjalani terapi dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

“Namanya membesarkan anak itu mesti fokus dan sabar, apalagi Ibran punya penyakit yang harus diperhatikan secara khusus. Yang penting kita sebagai orangtua sudah mengupayakan yang terbaik untuk anak kita, mau Tuhan kasih hasilnya gimana, yang penting kita kan niatnya baik,” jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengungkap betapa bersyukurnya ia diberi anak ketiga, yakni Ibrar, karena Ibran jadi bisa berkembang bersama dengannya. 

“Aku tuh bersyukur banget ya dikasih karunia anak ketiga, karena dengan kehadiran Ibrar tuh Ibran jadi berkembang bareng-bareng. Perkembangan Ibran pun jadi cepat juga mengikuti adiknya,” katanya sambil mengusap air mata harunya. 

“Punya anak (berkebutuhan khusus) ini bikin kita jadi belajar terus segala hal, setiap detik, setiap menit,” lanjutnya. 

Baca juga: Tips Mengasuh Anak Generasi Alpha

Sabar dan tidak mendorong anak jadi serba bisa

Tak hanya itu, Asri juga mengatakan selama ini dirinya lebih fokus melihat apa yang sudah Ibran bisa lakukan, ketimbang melihat anak lain sudah bisa apa saja. 

Ia tidak memaksakan Ibran bisa berkembang seperti anak-anak lainnya, tetapi ia selalu melihat potensi apa saja yang bisa terjadi dalam diri Ibran. 

“Di usia Ibran sekarang (enam tahun), Ibran sudah bisa ngitung. Seneng banget deh, walaupun belum bisa nulis pakai pensil di atas kertas, tapi setidaknya dia tahu tentang angka, dan dia mengerti cara menulisnya,” tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Asri juga menunjukkan video Ibran yang menulis angka di atas pasir. Hal ini sangat disyukuri oleh Asri, karena ia jadi tahu bahwa setiap anak punya cara belajarnya masing-masing. 

“Jadi dia cara belajarnya begitu, pakai pasir, pakai media lain. Yang penting dia udah tahu. Apakah aku larang? Enggak, boleh kok (belajar pakai media apa saja),” tambahnya. 

Ia pun mengingatkan pada para orangtua yang juga punya anak berkebutuhan khusus di luar sana, untuk tidak pesimis terhadap kondisi anaknya. 

“Buat ibu-ibu di luar sana yang punya anak berkebutuhan khusus, enggak ada yang enggak mungkin di dunia ini. Walaupun (mungkin) nanti ujungnya bukan suatu hal yang baik, tapi mudah-mudahan Tuhan kasih yang terbaik buat anak kita,” kata Asri. 

"Kita harus tau anak kita gimana, “mungkin aja belum bisa nulis pake pensil, tapi bisa di media lain. Kalo ditunjuk angka berapa, Ibran tau itu angka berapa. Boleh kan. Goal ku adalah supaya dia bisa mandiri terhadap banyak hal," pungkasnya. 

Baca juga: Cermati, Tanda-tanda Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com