Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2024, 18:48 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini istilah self reward atau kegiatan mengapresiasi diri sendiri, sedang menjadi tren. Self reward bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi kebanyakan orang melakukannya dengan liburan, berbelanja, ataupun membeli makanan dan minuman kesukaannya.

Saat tanggal muda sehabis gajian, sebagian orang menghadiahi dirinya sendiri karena sudah bekerja keras sebelumnya. Tetapi, jika dilakukan secara terus menerus, self reward bisa  menjadi pemborosan.

Lalu bagaimana caranya agar self reward tidak boros?

Dr. Sarah Rumasita Siahaan, MA, M.Psi, Psikolog dari Pion Clinician membagikan tips agar self reward bisa tetap menjaga kesenangan kita tanpa membuat kita kehabisan uang.

Baca juga: Serba-serbi Self-Reward, dari Manfaat hingga Rekomendasi yang Cocok

Cara memberi self reward tanpa boros

1. Menonton

Ilustrasi menontonfreepik Ilustrasi menonton

Dr. Sarah mengatakan bahwa self reward tidak selalu tentang membeli barang–barang atau yang berhubungan dengan keuangan.

Di sela kesibukan yang padat, menonton film juga merupakan self reward. Dengan menonton film kita isa melepaskan penat sejenak dan pikiran menjadi lebih tenang.

“Tidak semua reward berbentuk uang, punya waktu untuk menonton di rumah itu juga self reward,” katanya pada acara Talkshow “Wellness Fair :How to Maintain Your Well Being in Mental Health and in Finance”, Jumat (23/2/2024)

Mempunyai waktu untuk diri sendiri juga bagian dari self reward lho, walaupun hanya di rumah saja.

Bagi Sebagian orang kegiatan ini bisa digunakan untuk me-recharge energi setelah menghadapi hari–hari yang melelahkan.

Baca juga: 9 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

2. Membaca buku

ilustrasi membaca bukuVia ilustrasi membaca buku

Membaca buku tak hanya menambah wawasan tapi juga bisa menjadi sarana self reward yang sangat bermanfaat, sekaligus menyenangkan diri sendiri.

"Membaca buku juga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, tetapi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental kita, seperti menurunkan stress. Punya waktu luang untuk membaca, itu juga sebuah self reward,” tutur Dr. Sarah.

Jika memang tidak mempunyai cukup biaya untuk melakukan self reward, hal–hal yang sederhana seperti sekadar membaca buku dan menonton film bisa menjadi pilihan terbaik memberi hadiah pada diri sendiri tanpa perlu boros.

3. Window Shopping

window shoppingfreepik window shopping

Dibandingkan melakukan self reward ke luar negeri atau ke luar kota yang memerlukan biaya yang besar, berjalan–jalan di pusat perbelanjaan tanpa membeli apapun atau window shopping, juga bisa menjadi alternatif self reward anti boros.

“Kalau keadaan keuangannya lagi menipis, mungkin rewardnya tidak harus healing pergi ke luar negeri, mungkin healingnya bisa ke supermarket, buat ibu–ibu biasanya melihat barang–barang walaupun tidak belanja juga sudah healing,” tuturnya.

Jadi self reward tidak harus mengeluarkan biaya yang besar dan kita juga harus menyadari keadaan keuangan saat ini seperti apa.

Baca juga: Mengapa Mencintai Diri Sendiri itu Penting dan Bagaimana Melakukannya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com