Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Merawat Plisket, Catat 2 Tips Ini

Kompas.com - 07/03/2024, 20:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Busana dengan detail plisket atau pleats memiliki keunikan tersendiri karena terlihat seperti tirai dan tampak flowy ketika orang yang menggunakannya bergerak.

Namun, perawatan yang keliru bisa membuat plisket, baik rok maupun baju, menjadi lurus atau tidak berlipat-lipat indah lagi. 

Baca juga: OOTD Rok Plisket, Simak 6 Inspirasi Gaya Berikut

Istafiana Candarini, CEO dan Founder brand modest lokal Kami menceritakan keluhan salah satu pelanggan yang mengatakan bahwa baju plisketnya menjadi lurus. Ternyata, hal itu disebabkan perawatan yang keliru.

"Waktu itu ada yang DM (direct message-pesan langsung di media sosial), kok plisket aku jadi lurus. Nah, pasti disetrika," ucap perempuan yang akrab disapa Irin itu dalam acara peluncuran koleksi Kami di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Agar tak salah, berikut tips merawat plisket yang tepat, mulai dari cara mencuci hingga menyimpannya.

Tips merawat plisket yang benar

  • Mencuci plisket

Jangan cuci plisket terlalu lama. Irin menyarankan agar plisket cukup direndam sebentar dan dikucek jika ada sedikit noda membandel.

Apalagi untuk plisket dengan laser cut seperti yang dirilis oleh Kami, hindari pencucian menggunakan mesin cuci agar tidak rusak.

"Jadi cuma direndam sebentar, dikucek kalau ada yang kotor sedikit, lalu digantung," tuturnya.

Baca juga: 9 Baju yang Cocok untuk Rok Plisket agar Tampil Modis 

  • Menyimpan plisket

Para founders Kami saat mempraktikkan cara melipat plisket di sela peluncuran koleksi di Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2024).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Para founders Kami saat mempraktikkan cara melipat plisket di sela peluncuran koleksi di Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2024).

Setelah dicuci dan kering, jangan setrika plisket. Menyetrikanya bisa membuat lipatan-lipatan cantik plisket berkurang atau lurus.

Jadi, setelah kering, gulung kembali plisket. Menyimpannya juga harus dilakukan dengan cara digulung.

"Masuk lemari pun harus kayak begini. Jadi, plisketnya awet," kata Irin.

Baca juga: Apa Itu Rok Plisket? Intip Inspirasi Padu Padannya

@kompas.lifestyle Baju rajut kenapa sih gampang rusak dan melar??! ???????? Bentar! Mungkin cara kalian mencuci dan menyimpannya salah! Baju bahan rajut alias knit memang butuh perawatan khusus guys. Selain itu, buat baju apapun, cobalah untuk selalu melihat laundry tag alias saran perawatan yang biasanya ada di balik baju kalian. Yess bener, yang ada gambar mesin cuci sama setrika itu loh! Btw, kalian ada pengalaman punya baju rajut dan gampang bolong? #rajut #knit #bajurajut #lifestyle ? Made You Look - Meghan Trainor
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com