Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mencuci dan Menyimpan Hijab agar Tidak Mudah Rusak

Kompas.com - 12/02/2024, 19:00 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain merupakan busana yang harus dikenakan setiap wanita muslim, hijab juga menjadi fesyen tren yang makin stylish dan banyak berkembang. Karenanya, banyak perempuan kemudian mengoleksi hijab.

Namun, rupanya masih belum semua tahu cara mencuci dan menyimpan hijab dengan benar agar tidak gampang rusak.

Setiap hijab yang kita kenakan sering kali mempunyai bahan yang berbeda sehingga cara menyimpan dan penanganannya perlu diperhatikan. Jika salah cara perawatannya, hijab akan mudah rusak dan lecek meski sudah disetrika.

Karenanya, kita perlu tahu cara mencuci dan menyimpan hijab dengan baik dan benar. CEO brand fesyen lokal Kami, Istafiana Candarini, membagikan tips agar hijab yang kita kenakan tidak mudah rusak.

Cara merawat dan menyimpan hijab

Baca juga: 6 Warna Hijab yang Bikin Wajah Kusam, Harus Dihindari

1. Hindari mesin cuci dan paparan sinar matahari langsung

“Jika memiliki bahan delicate, sebaiknya hijab dicuci dengan tangan, kemudian jemur di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari,” ujar Istafiana Candarini.

Hijab berbahan delicate bisa robek jika dicuci dengan mesin cuci, dan warnanya akan berubah jadi kusam jika dijemur di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

2. Tidak disetrika dengan suhu panas

dp d


Ada beberapa bahan yang jika disetrika mudah terbakar, seperti bahan sutra, satin, atau chiffon. Karenanya, perlu diperhatikan agar suhu setrika yang digunakan untuk hijab tidak terlalu panas. Bahkan, bahan yang tipis dan tidak mudah kusut lebih baik tidak usah disetrika.

3. Simpan dengan cara digantung

Hijab yang dilipat akan meninggalkan bekas lipatan pada bahannya saat dipakai sehingga sebaiknya digantung. Ada banyak jenis gantungan hijab yang bisa dipakai seperti hanger complement agar hijab tidak mudah kusut dan rusak.

4. Digulung dan simpan dalam lemari

simpan bajuVia simpan baju

Jika tidak memungkinkan digantung, kamu bisa menggulung hijabmu sebagai alternatif lain. Dengan cara ini, bahan hijab jadi lebih rapi dan bisa menghemat tempat penyimpanan.

Khusus untuk hijab berbahan plisket cara penyimpanan yang baik dan benar dengan digulung dengan rapi dan disimpan dalam lemari.

Baca juga: 8 Warna Hijab yang Bikin Muka Cerah, Jangan Salah Pilih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com