Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Skincare yang Baik Dipakai Saat Puasa, Biar Tetap Glowing 

Kompas.com - 12/03/2024, 20:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Saat puasa, kita dianjurkan untuk tetap memakai produk perawatan kulit atau skincare guna menjaga kesehatan kulit, sehingga tetap glowing. Sebab, kulit rentan kering saat puasa karena berbagai faktor. 

Kulit glowing biasanya menggambarkan kondisi kulit yang sehat, terjaga kelembapannya, tidak kering, dan tidak kusam. 

Baca juga:

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, menjelaskan faktor utama yang membuat kulit kering saat puasa adalah asupan air tidak tercukupi. 

Padahal, rata-rata kebutuhan air adalah 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki. Imbasnya, kulit menjadi dehidrasi sehingga kering dan tampak kusam, dibandingkan hari-hari biasanya. 

“Sering kali asupan air selama bulan puasa tidak tercukupi, dan hal ini dapat membuat kulit lebih dehidrasi atau kekurangan air. Kulit yang dehidrasi dan kering membuat kulit tampak tidak segar dan kusam,” jelas Arini, saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Selasa (12/3/2024). 

Penyebab kulit kering saat puasa lainnya seperti perubahan pola tidur dan aktivitas fisik berkurang.

Oleh sebab itu, Arini menyarankan untuk tetap rutin menggunakan skincare selama puasa. Berikut daftar produk skincare yang sebaiknya dipakai saat puasa, berdasarkan saran dokter spesialis kulit tersebut. 

1. Pembersih 

Ilustrasi melakukan double cleansing, produk skincare yang sebaiknya dipakai saat puasaFreepik Ilustrasi melakukan double cleansing, produk skincare yang sebaiknya dipakai saat puasa

Arini menyarankan untuk tetap menggunakan pembersih atau cleanser selama puasa. Membersihkan muka merupakan langkah dasar skincare yang wajib dilakukan

Melansir dari Mind Body Green, membersihkan muka yang baik dan benar adalah menggunakan metode double cleansing. Itu berarti, membersihkan muka dalam dua tahap. 

Pada tahap pertama, wajah dibersihkan menggunakan pembersih muka yang berbahan dasar minyak. Selanjutnya, menggunakan pembersih muka berbahan dasar air pada tahap kedua. 

Baca juga:

2. Skin hydrator

Sesuai namanya, produk skin hydrator berfungsi untuk membantu menghidrasi kulit sehingga tetap terjaga kelembapannya. 

Arini mengatakan, produk skin hydrator hendaknya mengandung sejumlah formula yang mampu menjaga kelembapan kulit, seperti hyaluronic acid atau glycerin

Skin hydrator seperti hyaluronic acid atau glycerin dapat membantu menghidrasi kulit. Dapat juga menggunakan water mist atau basuh dengan air untuk hidrasi maksimal,” jelasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com