Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kurang Minum Bisa Membuat Wajah Kusam? Simak Penjelasan Ahli

Kompas.com - 13/03/2024, 08:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wajah kusam terkadang menggangu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Penyebab wajah kusam ternyata berasal dari kebiasaan kita sehari-hari. 

Salah satu yang kerap menjadi pertanyaan adalah, apakah kurang minum bisa membuat wajah kusam? Berikut penjelasannya seperti dihimpun Kompas.com dari sumber dokter spesialis kulit. 

Baca juga:

Kurang minum membuat wajah kusam 

Ilustrasi wajah kusam, apakah kurang minum bisa membuat wajah kusam?
Shutterstock/Kei907 Ilustrasi wajah kusam, apakah kurang minum bisa membuat wajah kusam?

Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, membenarkan bahwa kurang minum dapat membuat kulit wajah menjadi tampak kusam. 

“Kurang minum atau dehidrasi memang bisa berpengaruh pada kondisi kulit, termasuk membuat wajah terlihat kusam,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Rabu (13/3/2024). 

Sebab, jelas Fitri, air memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi kulit. Saat tubuh kekurangan air atau dehidrasi, maka dapat mengurangi kemampuan kulit untuk melakukan fungsi barrier yang efektif dan mempengaruhi proses regenerasi sel-sel kulit. 

“Akibatnya, kulit dapat kehilangan elastisitas dan kelembapan, yang pada akhirnya menyebabkan kulit tampak lebih kusam,” paparnya. 

Melansir Healthline dari Kompas.com (12/10/2023), skin barrier adalah lapisan kulit paling luar dari epidermis atau disebut sebagai stratum korneum. Skin barrier memiliki fungsi penting sebagai pelindung kulit. 

Meliputi, melindungi kulit dari patogen, infeksi, alergen, polusi, paparan sinar UV, serta menjaga kelembapan alami kulit.

Baca juga:

Dikonfirmasi terpisah, Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, juga menyampaikan hal senada. Arini menuturkan bahwa dehidrasi membuat kulit kering dan kusam lantaran menghambat proses regenerasi kulit. 

“Kondisi kering dan dehidrasi juga menyebabkan proliferasi kulit terhambat, sehingga proses renewal atau pergantian kulit baru terganggu. Hal ini juga membuat kulit tampak kusam,” paparnya. 

Oleh sebab itu, ia menganjurkan untuk mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan. Adapun kebutuhan konsumsi air setiap orang berbeda-beda, bergantung dari berat badan, gender, aktivitas fisik, umur, dan lainnya. 

“Rata-rata kebutuhan air yakni 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki,” jelasnya. 

Agar bisa memenuhi asupan air dengan tepat, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi kesehatan untuk membantu menghitung kebutuhan air sehari-hari.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com