Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2024, 08:10 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Blush on merupakan salah satu rangkain makeup sehari-hari yang membuat wajah menjadi lebih cerah dan segar. Seiring perkembangan tren makeup, perona pipi kini hadir dalam berbagai jenis dengan keunggulan masing-masing. 

Nah, sebelum memilih warna blush on yang cocok buat skin tone kamu, kenali lebih dulu jenis blush on berikut ini. Setiap jenis blush on tersebut, memiliki formula, tekstur, dan hasil akhir (finish) masing-masing, sehingga bisa disesuaikan dengan preferensimu. 

Baca juga:

Jenis-jenis blush on 

Kompas.com merangkum beberapa jenis blush on dan cara pakainya sebagai berikut, dilansir dari Who What Wear, Today, dan MasterClass. 

1. Powder blush 

Ilustrasi blush on, powder blush, salah satu jenis blush onFreepik Ilustrasi blush on, powder blush, salah satu jenis blush on

Powder blush merupakan jenis blush on yang memiliki tekstur bubuk, menyerupai compact powder. Formula powder blush cocok dipakai pada kulit berminyak karena memberikan finish anti kilap. 

Cara aplikasinya menggunakan kuas brush (blush brush) atau kuas berbulu halus (fluffy brush). Usapkan blush brush ke dalam palet, lalu ketuk dengan ringan. 

Kemudian, aplikasikan powder blush ke bagian yang dikehendaki dengan gerakan lembut dan ringan.

2. Cream blush 

ilustrasi perempuan pakai cream blush on Shutterstock/Maridav ilustrasi perempuan pakai cream blush on

Jika mencari blush on yang tahan lama, maka cream blush bisa menjadi pilihan. Perona pipi ini memiliki tekstur krim yang padat. 

Cream blush cocok dipakai kulit kering karena mengandung formula moistuirizer. Aplikasi cream blush cenderung mudah, cukup dengan tap menggunakan jari ke bagian wajah yang diinginkan atau menggunakan beauty blender. 

Selain tahan lama, keunggulan cream blush lainnya adalah memiliki warna yang lebih intens dibandingkan dengan powder blush.

3. Liquid blush 

Serupa dengan cream blush, liquid blush cocok dipakai pada kulit kering. Dengan tekstur cair, maka liquid blush lebih mudah menempel pada kulit. 

Cara menggunakan liquid blush dengan cara mengoleskan dua titik pada area wajah yang diinginkan. Kemudian, segera baurkan menggunakan jari atau beauty blender

Agar warna liquid blush tampak alami, maka harus segera di-blend setelah diaplikasikan ke muka. Kemasan liquid blush biasanya menggunakan botol pump, menyerupai kemasan liquid foundation. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com