Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jadi Penonton Drakor yang Cerdas dan Tidak Mudah Baper

Kompas.com - 23/03/2024, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penonton drama Korea (drakor) seringkali mudah terbawa suasana atau baper dengan alur cerita yang disajikan dalam tayangan drama.

Hal ini tanpa disadari membuat mereka jadi larut dalam kisah para pemeran drakor yang sebenarnya bisa menimbulkan obsesi atau ketertarikan secara berlebihan pada tokoh-tokoh yang dimainkan.

Untuk itu, penting mengetahui tips menjadi penonton drakor yang cerdas dan tidak mudah baper, apalagi dengan bumbu-bumbu dari drama para selebriti.

Tips menjadi penonton drakor yang cerdas

Psikolog klinis Tiara Puspita mengatakan bahwa salah satu hal yang perlu dimiliki oleh penonton drakor yang cerdas adalah self awareness atau kesadaran diri.

Dengan adanya self awarness, maka ini akan membantu kita memberikan batasan sejauh mana kita sudah terpengaruh oleh informasi terkait selebriti tersebut.

"Misalnya, apakah ada gejala kecemasan, sulit tidur, atau merasakan emosi-emosi negatif seperti kemarahan, kekecewaan, dan sebagainya yang dirasakan kuat dan mempengaruhi diri," terangnya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Jika kita sudah merasa kurang nyaman atau terlalu intens, ada baiknya untuk membatasi akses media sosial atau informasi dan lakukan aktivitas lain yang tidak terkait dengan drama selebriti tersebut.

Menurut Tiara, hal ini juga dapat mencegah diri kita merasakan kecemasan berlebih atau obsesi yang berlebihan terhadap sosok selebriti.

Kemudian, psikolog Meity Arianty STP, MPsi juga menyarankan agar kita tidak masuk terlalu dalam pada cerita-cerita drakor, apalagi yang berkaitan dengan kehidupan pribadi aktor dan aktris yang memainkannya.

"Selalu pakai akal sehat dan jangan terlalu baper," kata Meity.

"Ingatlah bahwa itu hanya cerita fiktif, dan drakor akan memainkan rasa kita sehingga penonton harus lebih cerdas, tidak mudah terbawa imajinasi atau khayalan cerita," imbuh dia.

Baca juga: Alasan Penonton Drakor Gampang Baper dengan Drama Selebriti

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com