Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 18:28 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan kehidupan kita, namun kemungkinan besar kita mengabaikan salah satu bidang utama: Kecerdasan emosional (atau EQ), yang didefinisikan sebagai "kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengelola emosi diri sendiri dan emosi orang lain. 

Meningkatkan kecerdasan emosional dapat membuat perbedaan besar dalam hal kebahagiaan pribadi kita, hubungan kita dengan orang lain, dan bahkan kehidupan profesional kita.

"Kecerdasan emosional tidak didasarkan pada kepandaian pikiran. Beberapa orang yang sangat pandai bisa jadi tuli secara emosional, sedangkan orang dengan kepintaran rata-rata bisa lebih mampu memahami emosi," jelas Karen R. Koenig, M.Ed., LCSW. 

“Kecerdasan emosional dapat dipelajari seperti keterampilan lainnya, tetapi kita harus memiliki rasa ingin tahu tentang bagaimana perasaan kita dan perasaan orang lain untuk memulai prosesnya.”

Baca juga: 8 Ciri Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi dalam Berkomunikasi

Cara meningkatkan kecerdasan emosional

Jadi, bagaimana kita bisa melatih diri lebih selaras secara emosional? Berikut 20 cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan emosional, sehingga memudahkan kita memenuhi kebutuhan emosional sendiri dan orang lain.

1. Temukan kedamaian dalam diri terlebih dahulu

Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah dengan menemukan kedamaian dalam diri. Kita misalnya bisa mendapatkannya dengan mengidentifikasi sumber stres dan mencegahnya muncul. 

Tindakan pereda stres, seperti yoga, pernapasan dalam, dan meditasi mungkin berhasil bagi sebagian orang, namun bagi lainnya, memukul sansak, berlari, atau bahkan sekadar berteriak mungkin lebih efektif.

Mencari tahu dan mempraktikkan langkah-langkah mencari kedamaian dan menghilangkan stres akan membantu kita menjadi lebih cerdas secara emosional dalam waktu singkat.

2. Berpikir sebelum menghakimi

Menghakimi sudah menjadi kebiasaan bagi banyak dari kita sehingga kita bahkan tidak menyadari bahwa kita sedang melakukannya. Meskipun demikian, jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan emosional, cobalah berpikir atau renungkan dahulu sebelum menghakimi.

Ketika kamu benar-benar berhenti sejenak untuk memikirkan alasan seseorang melakukan sesuatu yang kamu anggap salah, kamu mungkin akan menjadi lebih berempati dan tidak begitu saja menganggap orang lain keliru. 

3. Dahulukan kebaikan daripada menjadi benar

Memenangkan perdebatan, pertengkaran, atau perselisihan memang bisa membuat puas. Meski begitu, tidak setiap percakapan adalah soal menang atau kalah. Ketika kamu mulai merasakan muncul sifat kompetitif dalam percakapan normal, lakukan apa yang kamu bisa untuk mengutamakan kebaikan. 

Kadang-kadang mengalah demi kebaikan lebih tinggi nilainya daripada ingin menunjukkan bahwa kita selalu benar.

4. Pahami perasaan sendiri

Daripada langsung mencoba melawan perasaan negatif, pahami dan resapi perasaan itu sejenak. Memahami apa artinya benar-benar merasakan kemarahan, sakit hati, atau kebencian dapat membantu kita mengatasi penyebab perasaan tersebut dengan lebih baik dan menemukan cara yang lebih sehat untuk mengatasinya. 

5. Belajar menerima kritik

Tidak pernah mudah bagi kita saat dikritik, tetapi belajar menerima kritik yang membangun adalah bagian penting dari menjadi cerdas secara emosional. 

Memahami mengapa kritik itu mungkin diperlukan, dan belajar untuk memercayai bahwa apa yang dikatakan tentang kita mungkin benar dan menyesuaikan tindakan kita kemudian adalah langkah besar menuju kecerdasan emosional yang lebih baik. 

Baca juga: 9 Perilaku yang Menunjukkan Kecerdasan Emosional Rendah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com