Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patah Hati Sebelum Jadian? Ini 6 Cara Ampuh Move On dari Crush

Kompas.com - 27/03/2024, 11:11 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Jika berbicara soal patah hati, biasanya hal yang terlintas pertama kali dalam pikiran adalah akhir dari hubungan percintaan dan komitmen. 

Namun realitanya, tak jarang juga orang merasakan patah hati bahkan sebelum dimulainya suatu hubungan dengan gebetan kamu atau biasa disebut sebagai “crush”. 

Melansir laman Verywell Mind, Rabu (27/3/2024), hal ini disebut sebagai sesuatu yang wajar terjadi pada seseorang. 

Baca juga: Cancer hingga Libra, 4 Zodiak yang Susah Move On dari Mantan

Baca juga: Cinta Ditolak dan Sulit Move On? Coba Lakukan 5 Tips Ini

“Memang benar bahwa ada beberapa orang yang memiliki hubungan emosional yang kuat dengan kita, bahkan setelah hanya berinteraksi sebentar dengan mereka,” kata psikolog dan penasihat di Hope for Depression Research Foundation, Michele Goldman, dilansir dari Verywell Mind

Saat kita menyadari bahwa crush kamu tak akan pernah jadi milikmu, move on akan jadi langkah paling tepat. Prosesnya mungkin sulit dan menguras energi, tapi terus-terusan memusatkan perhatian pada orang yang kita sukai dapat menghalangi kita untuk maju bersama orang lain. 

Terdapat enam cara move on dari crush yang disarankan oleh Goldman, dilansir dari Verywell Mind. Berikut penjelasannya. 

Cara move on dari crush

1. Memanusiakan mereka 

Saat jatuh cinta dengan orang lain, kita cenderung mengidolakan orang tersebut dan akhirnya menjadikan dia sebagai tumpuan atau bahkan melupakan kenyataan dan keburukan mereka.

Dalam hal ini, Goldman meminta kamu untuk menata ulang perspektif kita terhadap orang tersebut, dan memanusiakan orang yang kamu sukai. 

“Selain mengakui hal-hal yang kamu sukai dari orang tersebut, akui juga sifat-sifat yang mungkin tidak kamu sukai. Bawalah orang yang kamu sukai ke dalam perspektif yang lebih seimbang,” kata Goldman. 

Ia mengatakan untuk juga mempertimbangkan bagaimana nilai-nilai mereka mungkin berbeda dari nilai yang kamu miliki. Sehingga, hal itu mungkin tidak selaras dengan apa yang kamu inginkan dari hubungan romantis. 

2. Lakukan journaling

Ilustrasi journalingDok. Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi journaling

Menulis jurnal atau journaling adalah cara yang bagus untuk menguraikan pikiran dan emosi yang kompleks. 

Terapis dan pendiri Mindful Kindness Counseling, Bonnie Scott menyarankan cara ini untuk dilakukan selama kamu punya waktu luang. 

Baca juga: Trik Psikologis agar Mudah Melupakan Mantan dan Segera Move On

“Ambul buku catatan favoritmu, atau aplikasi catatanmu. Keluarlah, tarik napas dalam-dalam,d an lihat apa yang tertulis di halaman itu,” kata Scott, dilansir dari Verywell Mind. 

3. Hindari melakukan kontak

Ilustrasi pasangan. Salah satu ciri cowok yang belum pernah pacaran adalah cenderung memiliki ekspektasi tidak realistis terhadap hubungannya.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi pasangan. Salah satu ciri cowok yang belum pernah pacaran adalah cenderung memiliki ekspektasi tidak realistis terhadap hubungannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com