Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Baju Sarimbit buat Keluarga Saat Lebaran 

Kompas.com - 29/03/2024, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat yang mulai berburu baju Lebaran. Sebagian memilih model sarimbit untuk keluarga, atau busana yang serasi. 

Sebab, baju sarimbit dapat mencerminkan kekompakan keluarga saat merayakan momen spesial Lebaran. Terlebih, Lebaran menjadi momen berkumpul anggota keluarga yang biasanya mempunyai kesibukan masing-masing, bahkan berada di luar kota. 

Baca juga:

Berikut tips memilih baju sarimbit buat keluarga saat Lebaran, seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Motif serasi

Koleksi Orva Raya dari Kami yang ditampilkan event, Sabtu (2/3/2024).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Koleksi Orva Raya dari Kami yang ditampilkan event, Sabtu (2/3/2024).

CEO dan Founder Kami, Istafiana Candarini, menuturkan sebaiknya memilih baju sarimbit buat keluarga yang punya motif serasi. Artinya, motif baju perempuan maupun laki-laki, baik dewasa maupun anak-anak, punya persamaan motif. 

Perlu digarisbawahi bahwa serasai tidak harus sama persis. Irin, sapaan akrabnya, menuturkan, motif serasi bisa diambil dari motif dasar busana sarimbut keluarga tersebut. 

“Jadi, misalnya motif perempuan ada bagian wajik, dan diambil jadi motifnya baju koko (buat laki-laki),” ujarnya dalam siaran langsung rubrik Kind of Talks Kompas.com, dengan topik “Padu Padan Baju Lebaran untuk Tampil Stylish Saat Idul Fitri”, Kamis (28/3/2024). 

Sebagai modest fashion, Kami juga meluncurkan koleksi baju Lebaran Orva Raya yang sudah pernah diperkenalkan dalam gelaran London Fashion Week Spring/Summer 2024, namun kini hadir dalam versi ready to wear.

Tersedia dalam sarimbit, koleksi ini menyediakan busana untuk perempuan dan laki-laki, baik dewasa maupun anak-anak. 

Namun, Irin menuturkan bahwa Kami memilih desain baju yang lebih simpel untuk laki-laki.

“Kenapa? Karena menurut riset kami bertahun-tahun, biasanya bapak-apak enggak mau kalau disuruh pakai baju yang aneh-aneh, maksudnya warna terlalu berani atau kebanyakan detail,” jelasnya. 

2. Paduan warna 

Selain motif serasi, baju sarimbit keluarga saat Lebaran juga bisa memadukan sejumlah warna yang cocok. Tips ini bisa berlaku buat keluarga yang enggan menonjol dengan baju seragam. 

“Bisa juga mix warna, karena ada keluarga yang kadang enggak ingin terlalu kelihatan, ini pasukan apa? Karena ada yang habis lebaran ingin main ke mall misalnya,” tutur Irin. 

Dalam koleksi Orva Raya misalnya, ada tiga warna yang bisa buat mix and match, yakni peach fuzz, elemental blue, dan beige. Menariknya, ketiga warna tersebut diprediksi jadi tren warna 2024. 

Irin mencontohkan, ia dan suami memakai sarimbit perpaduan beige dan elemental blue. Untuk laki-laki, bisa mengenakan beige sebagai atasan, sementara perempuan memakai top warna elemental blue dan rok warna beige

“Jadi serasi, tapi tidak melulu harus sama, bisa dieksplor,” imbuhnya.

Baca juga:

3. Manfaatkan aksesoris 

Tips ketiga adalah memanfaatkan aksesoris untuk tampilan sarimbit keluarga. Adapun aksesoris yang mudah dimanfaatkan untuk melengkapi tampilan sarimbit keluarga adalah tas, sepatu, dan sandal. 

“Misalnya, suami pakai koko beige, celana hitam, dan sepatu putih. Nah, biasanya aku akan milih istrinya bawa tas hitam, supaya serasi,” tutur Irin. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com