Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2024, 19:12 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang momen Lebaran, suasana di Pasar Baru, Jakarta Pusat, biasanya dipenuhi dengan kesibukan para penjahit yang sibuk melayani pesanan baju Lebaran.

Namun, tahun ini terasa berbeda. Toko-toko seperti Edy Tailor dan Anen Tailor di gedung basement Metro Atom, Pasar Baru mencerminkan keheningan yang menggelayuti bisnis jasa jahit ini.

Di Edy Tailor, suasana sepi pengujung semakin terasa.

"Sepi banget tahun ini, dibanding tahun kemarin. Tahun ini paling dalam seminggu hanya 1 atau 2 orang aja yang jahit baju lebaran," ujar Edy, penjahit dan pemilik Edy Tailor saat diwawancarai oleh Kompas.com di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2024).

Baca juga: Berapa Biaya Menjahit Baju Lebaran di Blok M Square?

Edy Tailor menawarkan jasa jahit dengan kisaran harga ramah di kantong, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000.

Ragam pakaian yang bisa dijahit pun cukup beragam, mulai dari gamis, dress, kemeja, hingga kebaya. Namun antusiasme pembeli terlihat menurun.

Di sisi lain, Anen Tailor juga menghadapi tantangan yang serupa.

Penjahit di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Penjahit di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2024).

"Dikit banget yang jahit baju Lebaran tahun ini, sepi banget kurang dari 5 orang paling dalam seminggu yang jahit baju lebaran," ungkap Anen, penjahit dan pemilik Anen Tailor saat diwawancarai oleh Kompas.com di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2024).

Meskipun menawarkan harga yang lebih fleksibel, dengan ongkos jahit mulai dari Rp 300.000 ke atas dan layanan jahit berbagai jenis pakaian, mulai dari jas, celana, hingga kemeja. Namun belum mampu menarik banyak pembeli.

Baca juga: Apakah Banyak yang Menjahit Baju Lebaran di Blok M Square?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com