Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Banyak yang Menjahit Baju Lebaran di Blok M Square?

Kompas.com - 19/03/2024, 14:44 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai pusat perbelanjaan yang terkenal di Jakarta, Blok M Square kerap menjadi tujuan bagi banyak orang yang mencari berbagai barang.

Tak hanya menjual buku ataupun kaset, di lantai basement Blok M Square terdapat juga jasa penjahit baju, mulai dari bordir sampai penjahit baju-baju pesta.

Namun, di bulan Ramadhan yang pastinya sudah tidak asing dengan tradisi membuat atau membeli baju baru untuk dikenakan pada hari raya Idul Fitri, tempat belanja ini terlihat tidak terlalu ramai.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (18/3/2024) di Blok M Square lantai basement, pada tahun ini tidak banyak penjahit yang menerima pesanan jahit baju lebaran.

Baca juga: 6 Tempat Beli Baju Lebaran di Jakarta yang Jadi Favorit Warga Malaysia

“Untuk baju, saat ini belum ada yang pesan, mungkin karena masih awal puasa ya,” ucap Widia, pemilik dari toko Dan’z Collection.

Widia mengatakan, pesanan baju biasanya akan ramai ketika memasuki minggu kedua puasa.
Beberapa penjahit pun mengatakan hal yang sama bahwa tahun ini belum banyak yang memesan baju lebaran. Bahkan, jasa penjahitan baju sudah sepi semenjak pandemi lalu.

“Biasanya banyak, tapi tahun ini kurang dibandingkan tahun lalu. Sebetulnya semenjak pandemi penjahit di sini sudah mulai kekurangan pelanggan, padahal dulu itu ramai sekali,” ucap Joni, pemilik Toko Joni Fashion.

Di sisi lain, Rahman pemilik Toko Queen Tara Busana mengatakan bahwa tahun ini yang memesan baju lebaran sangat sepi.

"Tak hanya baju lebaran saja, tetapi baju model lain juga sepi. Beberapa ada yang pesan, tapi sedikit, tahun lalu itu lumayan banyak tapi tahun ini bisa dihitung jari,” ucap Rahmat.

Rahmat juga mengatakan bahwa tahun lalu mulai dari awal puasa sudah banyak pesanan yang masuk, tetapi tahun ini bisa dibilang sangat sepi.

Baca juga: Kata Kunci Terpopuler di Google Selama Ramadhan, Ada Baju Lebaran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com