Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gaya Tren Gen Z yang Patut Ditiru oleh Generasi Lebih Tua

Kompas.com - 04/04/2024, 04:11 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Huff Post

KOMPAS.com - Tren gaya hidup Gen Z telah menjadi sorotan utama dalam industri mode. Generasi yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an ini telah mengubah cara kita melihat mode dengan penekanan pada kenyamanan, keberagaman, dan pengekspresian diri yang lebih bebas.

Meskipun seringkali dibicarakan sebagai generasi "sosial media" yang terus menerus online, perubahan yang mereka bawa dalam mode patut mendapat perhatian.

Tidak bisa dipungkiri, tren gaya Gen Z telah memicu gelombang yang menghadirkan inovasi dan semangat baru dalam fashion.

Baca juga: Gen Z dan Milenial Paling Bahagia Tinggal di Negara Ini 

Bagi generasi yang lebih tua, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari cara Gen Z menyikapi fashion dengan keberanian dan kreativitas yang luar biasa.

Tren gaya Gen Z

Berikut beberapa tren gaya Gen Z yang patut diadopsi oleh generasi yang lebih tua dilansir dari laman Huff Post.

1. Wide-Leg Flare Pants

Apakah kamu ingat era 70-an ketika celana kaki lebar menjadi simbol kebebasan dan gaya? Generasi Z telah menghidupkan kembali tren ini dengan twist yang segar. Celana kaki lebar yang longgar dan nyaman memberikan sentuhan retro yang elegan namun tetap modern.

"Gen Z menyukai celana yang longgar dan celana flare, yang dapat dibuat modern untuk pembeli dewasa," kata Chelsea Volpe, seorang penata busana dan konsultan seperti dilansir dari laman Huff Post.

2. Platform Loafers

Jika kamu mencari cara untuk menyelaraskan kenyamanan dan gaya dalam satu paket, maka platform loafers adalah pilihan yang sempurna. Loafer yang klasik bertemu dengan sol tebal yang tinggi, menciptakan siluet yang menarik dan modern.

"Pastikan juga loafersnya tidak memiliki ukuran, warna atau sentuhan akhir yang berlebihan untuk memastikan tampilannya lebih abadi daripada sekedar trendi," ujar Kosich, seorang penata gaya.

Baca juga: Gen Z Diprediksi Banyak yang Enggan Nikah Muda

3. Thrifting

Sadar akan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh industri mode, banyak dari Gen Z yang beralih ke "thrifting" atau berbelanja di toko barang bekas. Ini bukan hanya cara untuk mendukung keberlanjutan, tetapi juga memungkinkan mereka menemukan pakaian unik yang tidak akan ditemui orang lain.

Generasi yang lebih tua dapat mengambil inspirasi dari ini dengan mengurangi konsumsi pakaian baru yang berlebihan dan lebih memilih opsi yang ramah lingkungan.

4. Slip Dress

Ketenangan dan keanggunan adalah dua kata yang mungkin terlintas ketika membayangkan gaun slip. Generasi Z telah membawa kembali tren ini dengan penggunaan yang kreatif dan multifungsi.

"Menciptakan balance high-low yang bergaya, Gen Z melapisi slip dress dengan kaus," kata Kosich.

Slip dress bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk acara formal atau santai, tergantung pada bagaimana kita memadukannya.

5. Longer Socks

Sering kali diabaikan, kaus kaki bisa menjadi aksesori yang berperan besar dalam penampilan kita. Generasi Z telah menghadirkan tren memakai kaus kaki yang lebih panjang, memberikan dimensi baru pada gaya kasual.

Dari kaus kaki panjang yang mencapai atas mata kaki hingga kaus kaki bertema unik, ada begitu banyak cara untuk mengekspresikan diri melalui kaus kaki.

Baca juga: Bingung Membedakan Gen Z dari Milenial? Coba Gunakan Tes TikTok Ini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com