Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Beauty Hacks untuk Complexion Makeup Flawless dan Nggak Cakey

Kompas.com - 18/04/2024, 13:13 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu hal yang paling menyebalkan bagi para pengguna makeup adalah ketika hasil riasannya terlihat cakey atau dempul. Hasil makeup yang cakey ini dapat membuat seseorang tampil tak percaya diri. 

Pasalnya, makeup tersebut akan terlihat crack dan membuat pori-pori kulit terlihat lebih jelas, sehingga kulit seakan terlihat tidak mulus.

Hal ini tak melulu disebabkan oleh banyaknya produk di wajah, tapi juga bisa disebabkan oleh teknik makeup yang digunakan, atau bahkan cara pemakaian produk-produk complexion yang kurang tepat. 

Baca juga: Alasan Ada Brand Makeup yang Harganya Sangat Murah

Baca juga: 5 Fungsi Setting Spray, Tak Cuma Bikin Makeup Awet

Makeup itu kan kuncinya di complexion ya, kalau complexion-nya cepat luntur, nanti semuanya hancur,” ujar seorang Makeup Artist (MUA), Marcelia, dalam acara Dazzle Me 2nd Anniversary “Dazzling 2Gether”, di Plaza Indonesia, Rabu (17/4/2024).

Maka dari itu, terdapat tiga beauty hacks yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan makeup yang flawless dan tidak dempul. Berikut penjelasannya. 

Beauty hacks agar makeup flawless

1. Pakai setting spray di beauty blender

Sesi demo makeup oleh seorang makeup artist (MUA), Marcelia, dalam acara Dazzle Me 2nd Anniversary ?Dazzling 2Gether?, di Plaza Indonesia, Rabu (17/4/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Sesi demo makeup oleh seorang makeup artist (MUA), Marcelia, dalam acara Dazzle Me 2nd Anniversary ?Dazzling 2Gether?, di Plaza Indonesia, Rabu (17/4/2024).

Beauty hacks yang pertama adalah menyemprotkan setting spray pada alat makeup, seperti beauty blender ataupun brush. 

“Biasanya beauty blender ini disiram air kan untuk bikin dia ukurannya tambah besar, tapi hacks-nya bisa juga pakai beauty blender, lalu remas dulu sampai ukurannya membesar,” kata Marcelia dalam sesi demo makeup di acara Dazzle Me kemarin. 

Baca juga: Pakai Setting Spray Sebelum atau Sesudah Makeup?

Setelah itu, Marcelia juga menganjurkan pengaplikasian liquid foundation dengan beauty blender dilakukan dengan cara tap-tap saja. 

“Jangan diusap, cukup tap-tap saja karena nanti foundationnya malah banyak nempel ke beauty blender, bukan ke muka. Kalau enggak nge-cover jerawat atau kehitaman, enggak apa-apa, karena foundation ini kan fungsinya untuk meratakan warna kulit,” lanjutnya. 

2. Pakai foundation di bagian pipi saja

Selanjutnya, Marcelia juga mengatakan, penggunaan foundation cukup di area pipi saja. Sedangkan untuk bagian bawah mata, dahi, dan dagu bisa menggunakan concealer. 

“Pakai foundation di pipi saja, karena pipi itu kan bagian yang pori-porinya paling sedikit ya, jadi paling utama itu foundation ya untuk bagian pipi,” katanya. 

Menurutnya, penggunaan foundation ke seluruh wajah akan membuat tampilan tampak dempul karena menggunakan berlapis-lapis produk makeup. 

Baca juga: Apa Perbedaan Cushion dan Foundation?

“Kalau untuk bawah mata itu cukup pakai concealer aja, jadi enggak usah ditimpa-timpa lagi pakai foundation, karena nanti jadi cakey kan kalau kebanyakan produk. Concealer juga kan fungsinya untuk nge-highlight bagian yang gelap,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Marcelia juga menganjurkan penggunaan makeup sehari-hari cukup menggunakan concealer saja agar tidak terlalu tebal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com