Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Lebih Percaya Diri dengan Kondisi Kulit Sendiri

Kompas.com - 22/04/2024, 20:07 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Cantik tidak berpaku pada warna kulit danparas yang kita miliki. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan pada diri bahwa kita cantik.

Bicara soal keindahan kulit, hal terpenting bukanlah soal warna dan jenisnya, melainkan bagaimana menjaga kulit tetap sehat.

Dr Arini Astasari Widodo menjelaskan pada talkshow "Kebutuhan Kulit Cantik Perempuan Indonesia di Setiap Fase Kehidupan" tentang bagaimana membuat diri kita percaya diri dengan kondisi kulit.

Baca juga: Perhatikan, Hal Penting Sebelum dan Sesudah Perawatan Kulit di Klinik

1. Standar cantik berbeda

Standar kecantikan berbeda di setiap daerah. Misalnya, di daerah-daerah tertentu kulit hitam manis dikatakan cantik, sementara di daerah lainnya putih pucat adalah yang didambakan.

“Memikirkan definisi cantik di kepala kita belum tentu sama seperti di kepala orang lain," kata Arini dalam talkshow yang digelar di Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

Ia menambahkan, jika kita berpikir kurang percaya diri, cobalah untuk menggambar apa yang mendefinisikan diri kita dan bandingkan gambar tersebut dengan kenyataanya.

2. Jangan terlalu memikirkan kekurangan

Arini mengatakan kita tidak perlu terlalu memikirkan kekurangan pada diri. Untuk tampilan fisik, misalnya, adanya jerawat atau pori-pori besar.

Padahal, tampilan itu mungkin tak terlalu mengganggu jika dilihat dari jauh dan dapat dihilangkan.

Baca juga: 8 Tips Kecantikan ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

3. Fokus pada kelebihan

Di sisi lain, fokuslah pada hal yang menjadi kelebihan kita. Dalam tampilan fisik, misalnya, jika sedang mengalami jerawat, kita bisa memprioritaskan membuat tampilan rambut yang indah atau memakai pakaian cantik agar tampil menarik.

Area-area wajah lain juga bisa dieksplorasi untuk memberikan tampilan segar.

“(Misalnya) mengatasi kulit keriput atau turun itu kan sulit dan memerlukan waktu lama sebaiknya dialihkan seperti ke bagian mata agar lebih fresh,” lanjutnya.

@kompas.lifestyle Jangan lupa skin prep! Apa tuh? Buat kamu yang belum tahu, skin prep alias skin preparation adalah proses mempersiapkan kulit kita agar makeup lebih menempel dan tahan lama. Lebih bagus lagi jika dibarengi perawatan kulit yang baik. Kamu selalu melakukan skin prep nggak nih sebelum ber-makeup? Biasanya pakai produk apa aja? Share yuk! #skinprep #makeup #skinprepformakeup ? Like I Do GALCHANIE COVER - GALCHANIE (????????)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com