Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tempat Bikin Baju Pengantin Batak di Jakarta, Apa Warna Terfavorit?

Kompas.com - 23/04/2024, 22:09 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Prosesi pernikahan suku Batak dari Sumatera Utara dikenal luas cukup panjang dan memiliki banyak detail yang perlu diperhatikan.

Tak terkecuali dalam hal atribut, seperti busana.

Lalu, warna apa yang sedang tren dan banyak digemari para pengantin dari suku Batak?

Salah satu perancang busana pengantin Batak adalah Fine Irazona, pemilik Butik Galeri Fine Partonun di Jakarta Timur. Menurutnya, warna-warna baju pengantin yang sering dipesan adalah warna-warna lembut, seperti warna pastel.

“Pasti yang dipilih warna-warna pastel, warna-warna soft. Warna pastel yang sekarang lagi tren warna champagne,” kata Fine kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (22/04/2024).

Ia menambahkan bahwa tidak ada warna khusus yang menjadi ciri khas baju pengantin adat Batak. Meskipun, dulu warna merah pernah menjadi favorit.

Saat ini, jika dimintai rekomendasi warna busana oleh para calon pengantin, Fine akan menyarankan putih, emas, dan perak.

“Kalau ditanya sama pengantin, pasti aku merekomendasikan warna itu, kalau Batak Karo biasanya mereka memakai warna merah,” tuturnya.

Seiring perkembangan zaman dan banyaknya tren warna baju pengantin yang bermunculan, busana pengantin, termasuk dari suku Batak tidak harus berpatokan pada warna tertentu dan bisa mengeksplorasi warna kesukaan masing-masing.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan, kata dia, adalah kenyamanan.

“Bahkan pakai baju warna burgundy saat pesta tak jadi masalah, meskipun mungkin akan sama seperti tamu yang membedakan adalah payet dari baju pengantin jauh lebih mewah dari tamu,” katanya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com