Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Air Beras Bisa Mendorong Pertumbuhan Rambut?

Kompas.com - 04/05/2024, 15:20 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setiap tahun, para pembuat produk kecantikan meluncurkan bahan-bahan menarik untuk membuat konsumen bersemangat melakukan perawatan diri. Salah satu bahan alami yang juga digunakan dalam produk kecantikan adalah air beras, yang disebut dapat membantu menngkatkan kesehatan rambut. 

Secara tradisional, air beras atau air cucian beras memang kerap dipakai untuk menyuburkan rambut. Namun apakah air beras benar-benar dapat mendorong pertumbuhan rambut? 

Manfaat air beras dalam perawatan rambut

Gaby Longsworth, seorang Ph.D., ilmuwan, praktisi kesehatan rambut, dan pendiri Absolutely Everything Curly, mengatakan bahwa air beras terkenal dengan kandungan protein dan vitamin —keduanya dapat membuat kulit kepala lebih kuat dan sehat. 

“Air beras mengandung protein, vitamin penting, seperti vitamin C dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan,” katanya, sambil mencatat bahwa vitamin C meningkatkan sebum yang melembabkan kulit kepala, sementara vitamin E melapisi rambut, menciptakan kelembutan. 

"Asam amino, bahan penyusun protein, berukuran kecil dan mampu menembus helai rambut dan membantu memperkuat dan memperbaiki rambut dari dalam," ujar Dr. Longsworth.

Baca juga: Cardi B Gunakan Air Beras untuk Keramas, Ketahui Cara Membuatnya

Ia juga menyebutkan manfaat inositol, karbohidrat alami yang lazim ditemukan dalam nasi. "Inositol memberi manfaat pada rambut dalam tiga cara: Meningkatkan elastisitas, mengurangi kusut dan gesekan permukaan (karena helai rambut lebih halus), dan melapisi helaian rambut bahkan setelah air berasnya sudah dibilas,” ujarnya.

Maka tidak mengherankan jika bahan ini menjadi begitu populer, baik secara tradisional maupun dalam formulasi perawatan rambut —terutama untuk rambut keriting. 

“Jika kamu mengalami rambut yang terlalu lembap, lepek, lembek, berminyak, dan kusam, maka membilasnya dengan air beras setiap minggu akan memberikan perbedaan besar,” ungkap Dr. Longsworth. 

"Kamu tidak akan melihat hasilnya dalam semalam, namun akan terlihat manfaatnya setelah empat hingga enam minggu penggunaan terus menerus. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk melihat perbaikan jangka panjang pada rambut," katanya.

Air beras dan pertumbuhan rambut

Air beras membuat rambut tampak lebih panjang dan tebal, namun tidak serta merta meningkatkan pertumbuhan. 

“Protein dalam air beras terlalu besar untuk masuk ke helai rambut dan malah menciptakan lapisan pelindung yang tebal di setiap helai rambut,” Dr. Longsworth menjelaskan. 

Fenomena inilah yang menyebabkan banyak orang menghubungkan bahan ini dengan pertumbuhan: "Pelapisan meminimalkan kerusakan sehingga pertumbuhan alami terlihat lebih jelas. Tetapi perawatan ini tidak menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat," jelasnya. 

Oleh karena itu, Dr. Longsworth mengatakan bahwa jika kamu memiliki masalah kulit kepala —mungkin kering, gatal, bersisik, teriritasi, sensitif, atau berminyak— air beras dapat membantu. “Memijat menggunakan air beras  akan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut dengan cara ini,” katanya.

Baca juga: Manfaat Keramas Pakai Air Beras, Sudah Tahu?

Ilustrasi merawat rambutUnsplash Ilustrasi merawat rambut

Kelebihan dan kekurangan air beras

Orang yang cocok untuk mendapatkan perawatan air beras adalah mereka yang memiliki rambut rusak karena sering diproses secara kimia, diputihkan, atau diwarnai. “Pembilasan dengan air beras berfungsi sebagai bahan penguat dan membantu perbaikan,” jelas Dr. Longsworth. 

Sebaliknya, mereka yang rambutnya sudah sehat atau halus, harus menghindarinya. “Jika rambutmu sudah sehat dan kaya protein, menambahkan air beras bisa membuatnya kering dan kaku,” ia memperingatkan. 

“Secara umum, perawatan protein, seperti membilas dengan air beras, tidak diperlukan jika kamu memiliki rambut dengan porositas rendah (rambut sehat dengan lapisan kutikula kuat) atau helai rambut halus yang mudah kusut.”

Cara menggunakan air beras dalam rutinitas 

Untuk hasil optimal, Dr. Longsworth menyarankan bahwa air beras sebaiknya digunakan pada rambut yang baru dicuci dan dikeringkan dengan handuk dan bebas dari penumpukan kotoran (kamu juga dapat membilaskan air beras pada helai rambut yang kering). 

Setelah membiarkan perawatan meresap selama 10 menit, bilas untuk mencegah sisa bahan menunpuk berlebihan. "Atau campurkan air beras dengan kondisioner, setelah itu bilas sampai bersih." 

Bila kamu tida memiliki waktu untuk menggunakan air beras alami, kamu bisa mencri produk yang mengandung bahan ini. Dr Longsworth menyarankan untuk memperhatikan daftar bahan. Carilah bahan air beras dalam jumlah yang tinggi pada produk tersebut, jelasnya.

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com