Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Home Gym Sederhana, Bisa Mulai dengan 3 Alat Ini

Kompas.com - 13/05/2024, 20:31 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

 

KOMPAS.com - Perlengkapan olahraga kini semakin mudah didapatkan, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga.

Jika lebih memungkinkan berolahraga di rumah, kita juga bisa mencicil alat sehingga bisa memiliki semacam home gym sendiri.

Namun, apa saja perlengkapan yang perlu kita miliki jika hendak memiliki home gym?

Baca juga: Punya Gym Sederhana di Rumah, Butuh Bujet Berapa?

Menurut Creative Content merek perlengkapan olahraga SFIDN FITS, Monique Subandi, bujet home gym sebetulnya tak perlu mahal. Kita bisa mulai dengan perlengkapan sederhana yang harganya sekitar Rp 50.000-an terlebih dahulu.

"Start Rp 20.000, Rp 30.000 saja  bisa, sampai jutaan juga ada," ujar Monique di workshop SFIDN FITS di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (8/5/2024).

Lebih lanjut, Monique memberikan rincian beberapa alat yang dapat dimiliki pemula jika hendak memiliki home gym sederhana:

1. Beban bervariasi

Latihan beban bisa membantu membakar lebih banyak lemak. Sehingga, rutin melatihnya juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Ilustrasi memasang 6 in 1 dumbbell dari FITS.KOMPAS.com/MUHAMMAD RIZKI FAUZAN Ilustrasi memasang 6 in 1 dumbbell dari FITS.

Tak perlu langsung memiliki beban yang berat-berat dan besar. Kamu bisa mulai memiliki dumbbell ringan dan dumbbell set multifungsi.

Baca juga: 7 Alat Gym yang Bisa Dicoba untuk Pemula Perempuan

DI SFIDN FITS, misalnya, terdapat produk 6 in 1 dumbbell yang bisa divariasikan menjadi beberapa jenis berat yang dapat disesuaikan.

Jika ingin beban yang ukurannya lebih kecil lagi, kita bisa membeli wrist and ankle weight, atau gelang beban yang bisa dikenakan di pergelangan tangan atau kaki.

2. Resistance band

Jika beban dianggap terlalu besar, kita juga bisa membeli resistance band terlebih dahulu atau gelang karet yang masing-masingnya memiliki fleksibiitas berbeda.

Di FITS, misalnya, ada satu set resistance band yang dapat dibeli terpisah dan terdiri dari delapan band. Harga band panjang mulai dari Rp 58.000-an.

Baca juga: 7 Alat Gym untuk Pemula Menurut Trainer

Kalau beli utuh satu set Rp 900.000-an. Semakin besar band, semakin mahal. Yang paling besar biasanya  lebih untuk pull workout, bisa 42-115 kilogram,tuturnya.

Adapun resistance band juga bisa dimanfaatkan untuk melatih berbagai otot tubuh, seperti punggung, dada, kaki, dan lainnya.

3. Matras yoga

Matras yoga bisa kamu manfaatkan tidak hanya untuk berolahraga yoga, tetapi juga olahraga lainnya, seperti latihan menggunakan beban tubuh (bodyweight workout) atau senam.

Ilustrasi pilihan matras yoga FITS.KOMPAS.com/MUHAMMAD RIZKI FAUZAN Ilustrasi pilihan matras yoga FITS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com