Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Pipi Tirus secara Alami Tanpa Operasi 

Kompas.com - 14/05/2024, 10:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pipi chubby atau tembem terkadang membuat beberapa orang tidak percaya diri. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara membuat pipi tirus untuk meningkatkan penampilan, khususnya di area wajah.

Dilansir dari PharmEasy, salah satu penyebab pipi tembem adalah penambahan berat badan yang mengakibatkan tumpukan lemak di wajah. Selain itu, pipi tembem juga diakibatkan oleh faktor genetik dan pertambahan usia yang membuat otot dan kulit wajah mengendur. 

Baca juga: Trik Yoga Wajah agar Tulang Rahang dan Pipi Kencang

Kabar baiknya, kamu bisa membuat pipi tirus secara alami tanpa operasi atau tindakan medis. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline, PharmEasy, dan Netmeds. 

Cara membuat pipi tirus 

1. Konsumsi lebih banyak serat 

Ilustrasi sayuranUnsplash/Nadine Primeau Ilustrasi sayuran

Cara membuat pipi tirus dapat dilakukan dengan diet atau menurunkan berat badan. Dengan demikian, kelebihan lemak di wajah juga turut berkurang. 

Konsumsi lebih banyak serat terbukti efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan makanan lain, serat tidak diserap oleh tubuh setelah dikonsumsi. 

Sebaliknya, serat bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, sehingga membuat orang merasa kenyang lebih lama. Proses ini tentunya sangat membantu diet, karena menekan nafsu makan, membuat kenyang lebih lama, dan mencegah sembelit.

2. Kardio 

Menghilangkan lemak di wajah agar pipi tirus harus dibarengi dengan kardio, atau segala aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung. Kardio sangat efektif membakar lemak sehingga  mengurangi berat badan. 

Cobalah untuk melakukan kardio selama 150–300 menit per minggu atau 20–40 menit  per hari. Beberapa contoh kardio antara lain berlari, berjalan kaki, bersepeda, aerobik, dan berenang.

Baca juga: Apakah Gua Sha Bisa Meniruskan Pipi?

3. Minum banyak air putih 

Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/Alina Kruk Ilustrasi minum air putih.

Minum banyak air putih memiliki dampak tidak langsung pada pipi tirus. Sebab, minum banyak air putih efektif membantu menurunkan berat badan. 

Penelitian menunjukkan bahwa air putih dapat membuat orang merasa kenyang sehingga membantu proses diet. Studi lainnya menemukan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membantu perut kenyang, sehingga  mengurangi konsumsi kalori secara signifikan. 

Selain membantu menurunkan berat badan, konsumsi banyak air putih juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan metabolisme tubuh. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com