Kompas.com - 12/09/2021, 19:00 WIB
Yoga wajah bisa membantu mengencangkan kulit. Jasmina81Yoga wajah bisa membantu mengencangkan kulit.

KOMPAS.com – Sama seperti olahraga rutin yang diperlukan untuk membentuk otot tubuh, yoga wajah yang dilakukan secara rutin pun akan membantu membuat kulit lebih kencang dan sedap dipandang.

Selain itu, gerakan yoga wajah akan menstimulasi darah yang mengalir ke wajah, memberikan nutrisi pada sel-sel kulit dan memacu produksi kolagen yang dapat membuat kulit kencang.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2018 silam menemukan bahwa latihan wajah rutin dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Nah berikut ini, ada sebuah video TikTok tentang yoga wajah untuk membentuk tulang pipi, membuat bibir penuh, dan mengencangkan tulang rahang.

Baca juga: Ingin Filler Pipi Biar Tirus? Ketahui Dulu 4 Hal Ini

@blushwithmeparmita

Target 3 Face areas at a time with this #faceexercise .More on YouTube ??#faceyoga #faceexercises #facefitness #lookbetter #naturalfacelift

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

? PARARARARA BOOM - Austin Ong

Seperti dalam video, ahli yoga Parmita Katkar mengatakan bahwa latihan untuk membentuk otot wajah itu terlihat sederhana. Kita hanya perlu menggembungkan pipi, lalu tersenyum dan mengangkat pipi sebanyak 50 kali.

Katkar juga mengatakan bahwa kita harus berhati-hati untuk tidak menyipitkan mata dan memutar otot wajah lainnya. Pasalnya, gerakan yang tidak disengaja ini dapat menghancurkan kemajuan yang telah kita dapat.

Namun, hati-hatilah. Meski terlihat sederhana, yoga wajah ini bisa menjadi sulit, terutama jika telah menyentuh angka 30 kali lebih.

Pasalnya, otot wajah sangat kecil dan rapuh, sehingga akan sulit untuk mengisolasi dan mengaktifkan otot yang kita targetkan, apalagi di area yang lebih rapuh seperti area mata dan mulut.

Baca juga: Mengenal Yoga Wajah dan Cara Mempraktikkannya

Untuk itu, sangat wajar jika kita menahan napas tanpa sadar saat menahan sebuah posisi dalam yoga wajah.

Terkait waktu yang tepat untuk latihan, banyak pakar yang menyarankan untuk melakukannya di pagi hari guna membangunkan otot wajah dan pada malam hari sebelum waktu tidur untuk melepaskan semua tekanan yang kita dapat dia siang harinya.

Kita juga tak perlu melakukannya terlalu lama, beberapa menit saja sudah cukup.

Ingat, otot wajah lebih kecil dan halus dibanding otot bisep, jadi kita tak membutuhkan waktu dan usaha lebih lama dan kuat untuk membentuknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.