BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan DANA

Lancar Beraktivitas di Tengah Panas Ekstrem, Siapkan Benda Ini!

Kompas.com - 20/05/2024, 14:43 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comGelombang panas melanda Asia Tenggara. Beberapa negara di kawasan ini pun mencatatkan suhu tertinggi dalam beberapa dekade terakhir.

Diberitakan Kompas.id, Rabu (1/5/2024), salah satu negara yang mengalami gelombang panas adalah Filipina yang suhunya menembus 45 derajat celsius dan dikategorikan “berbahaya”. 

Kemudian, Thailand mencapai lebih dari 40 derajat celsius, Vietnam bagian utara dan tengah 44 derajat celsius, serta Malaysia menyentuh 35-40 derajat celsius selama tiga hari berturut-turut. 

Selain negara-negara tersebut, suhu panas juga melanda Kamboja, Myanmar, India, dan Bangladesh.

Kenaikan suhu yang terjadi sejak setahun terakhir merupakan dampak dari El Nino dan pemanasan global. Kondisi ini diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi secara global pada 2024.

Baca juga: Suhu Panas di Indonesia, Terjadi Sampai Kapan?

Di Indonesia, cuaca panas terjadi sejak April 2024, dengan suhu berkisar 34,5–35 derajat celsius.

Hanya saja, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam pemberitaan Kompas.com, Rabu (8/5/2024), hal tersebut tidak dipengaruhi gelombang panas seperti yang melanda negara Asia Tenggara lainnya, tapi lantaran kondisi maritim sekitar Indonesia yang memiliki iklim laut hangat dan topografi pegunungan.

Selain itu, fenomena tersebut juga terjadi karena Indonesia tengah memasuki peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Ini ditandai dengan berkurangnya pembentukan awan dan curah hujan.

Meski begitu, masyarakat tetap mesti waspada karena suhu panas bisa menyebabkan dampak kesehatan. Apalagi, kondisi ini diprediksi terjadi hingga September 2024, seperti dikutip dari berita Kompas.com, Minggu (5/5/2024).

Baca juga: Bukan Heatwave, Ini Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini

Perlindungan diri dari cuaca panas

Cuaca panas yang ekstrem dapat membawa berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah perlindungan. Utamanya, jika kamu berada di wilayah dengan paparan suhu panas ekstrem.

Pertama, perbanyak konsumsi air putih. Ini membantu tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi. Seperti diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, pusing, bahkan heatstroke.

Bawalah botol air minum kemana pun kamu pergi dan minumlah secara berkala, meskipun tidak merasa haus.

Kedua, hindari aktivitas berat di luar ruangan, terutama saat matahari sedang terik. Sebab, hal ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan memperburuk efek panas.

Sebaiknya, lakukan aktivitas di luar ruangan saat cuaca tidak terlalu panas, seperti pada pagi atau sore hari. Jika terpaksa harus keluar di siang hari, pilihlah tempat yang teduh dan sejuk.

Baca juga: Perawatan Kulit Cegah Penuaan Dini akibat Cuaca Panas

Ketiga, berikan perlindungan pada tubuh dari paparan sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakan topi, payung, kacamata hitam, jaket anti-UV, dan pakaian yang menyerap keringat.

Selain itu, oleskan juga tabir surya dengan SPF minimal 30 pada kulit terbuka minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya.

Seluruh benda tersebut, mulai dari botol minum, topi, pakaian longgar, hingga tabir surya bisa kamu temukan dengan mudah tanpa harus berpanas-panasan di berbagai e-commerce. Salah satunya Lazada.

Berbelanja di Lazada pun kini terasa semakin mudah dan nyaman dengan hadirnya DANA sebagai salah satu metode pembayaran yang cepat dan aman.

Baca juga: Apakah DANA Bisa Tarik Tunai? Bisa Pakai 5 Cara Ini

Semua transaksi online bisa dilakukan dengan DANA.Dok. DANA Semua transaksi online bisa dilakukan dengan DANA.

Dengan DANA, kamu dapat berbelanja di Lazada tanpa perlu repot-repot menyiapkan uang tunai atau transfer bank. Cukup hubungkan akun DANA ke aplikasi Lazada, kamu dapat langsung menyelesaikan pembayaran hanya dengan beberapa klik.

Selain di Lazada, DANA juga dapat digunakan di berbagai aplikasi favorit lainnya. Contohnya, Netflix, Spotify, dan Steam yang bisa bantu kamu lebih betah di rumah selama musim panas.

Bagi kamu penggemar belanja online, DANA juga hadir di Bukalapak, TikTok Shop, dan Alfagift untuk memudahkan transaksi. Agar semakin praktis, jangan lupa hubungkan akun DANA kamu ke App Store atau Google Play.

Yuk, unduh dan gunakan aplikasi DANA sekarang! Untuk informasi mengenai fitur atau promo di DANA, kamu juga bisa cek Instagram @dana.id dan TikTok @dana.Indonesia.

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com