Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Treatment Filler Wajah yang Aman, Perhatikan Bahannya!

Kompas.com - 11/06/2024, 11:11 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran filler wajah di industri kecantikan Tanah Air semakin ramai digandrungi. Sebab prosedur ini membantu para wanita untuk tampil lebih percaya diri tanpa mengubah keseluruhan tampilan wajah seseorang.

Dokter kulit dr. Kardiana Dewi SpDVE, FINSDV mengungkap bahwa injeksi filler umumnya akan dimasukkan ke lapisan dermis pada kulit. Pada lapisan tersebut juga bisa dilihat struktur kulit yang masih bagus dan yang sudah mengalami penuaan. 

“Lapisan dermis pada kulit ini bagian yang membuat kulit tampak lebih kencang. Sehingga dari situ kelihatan mana kulit yang masih muda dan sudah mengalami penuaan,” kata dr. Kardiana Dewi dalam Media Gathering ‘Embracing Diverse Beauty with the Versatility of HA Fillers’ di Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024).

Meski begitu, filler wajah juga bisa disuntikan di bagian kulit yang lebih dalam agar hasilnya lebih maksimal dan bisa menciptakan kesan wajah yang tegas.

Filler itu bisa diposisikan bukan hanya di kulit dermis tetapi juga bisa di lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga hasilnya lebih bagus,” ujarnya

Namun, kita tidak boleh sembarangan melakukan prosedur filler pada wajah. Diperlukan beberapa langkah untuk memastikan keamanan filler yang hendak dilakukan. 

Baca juga: Jangan Suntik Filler Terlalu Berlebihan, Dokter Ungkap Alasannya

Perhatikan kandungan bahan filler

Dr. Kardiana Dewi menjelaskan ada banyak kandungan filler yang disediakan setiap klinik kecantikan. Meski begitu, salah satu bahan utama filler yang terbaik yaitu Hyaluronic Acid atau asam hialuronat.

Menurutnya, kandungan Hyaluronic Acid cenderung memiliki risiko efek samping dan iritasi yang jauh lebih minim dibandingkan jenis yang lainnya. 

“Ada bahan yang namanya kolagen, PLLA, PCL, Kalsium Hidroksida Patin, ada banyak lagi. Tapi filler yang mengandung Hyaluronic Acid itu yang paling minimal risiko iritasi atau peradangan,” jelas dr. Kardiana Dewi.

Selain minim efek samping, Hyaluronic Acid jadi bahan utama filler yang sama dengan komponen kulit manusia. Sehingga tubuh tidak bereaksi dengan parah karena adanya bahan asing yang masuk ke dalamnya. 

“Hyaluronic Acid itu jadi bahan utama yang paling banyak digunakan untuk prosedur filler. Hal ini karena Hyaluronic Acid sama dengan komponen kulit manusia,” ujarnya.

Baca juga: Bukan Mengubah Bentuk Wajah, Ini Manfaat Filler Wajah Sesungguhnya

Pilih dokter dan brand filler yang terpercaya

Tak cuma itu, dr. Kardiana Dewi menyebutkan filler wajah tidak bisa dilakukan oleh sembarang dokter. Dokter harus memiliki keahlian dan sertifikasi ahli. Merek bahan filler-nya pun harus dipastikan sudah terpercaya dan melalui berbagai penelitian yang panjang. 

“Kalau pakai filler yang baik, maka brand filler itu pasti sudah melalui proses penelitian panjang dengan studi klinis yang serius, maka nggak perlu takut,” tutur dr. Kardiana Dewi.

Dr. Kardiana Dewi mengimbau para pasien yang hendak memakai filler agar tidak mudah tergiur harga, apalagi sampai membeli bahan filler dan menginjeksikannya sendiri ke dalam bagian tubuh.

Hal ini dapat membahayakan penampilan sekaligus kesehatan tubuh. Oleh karenanya, sebaiknya pasien melakukan riset terlebih dahulu mengenai kualitas dokter serta merek fillernya agar hasilnya lebih maksimal.

“Kalau mau filler itu pastikan kalau filler tersebut dilakukan oleh dokter yang berkualitas dan qualified, serta brand fillernya juga yang bagus, supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com