Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permasalahan Kulit yang Muncul Saat Cuaca Panas dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/06/2024, 11:11 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang ekstrim menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang yang beraktivitas di luar ruangan. Terlebih jika cuaca panas ditambah dengan tingkat polusi udara yang tinggi. 

Dalam kondisi tersebut, kulit akan sangat rentan mengalami berbagai permasalahan, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Menurut dokter kulit Claudia Christin, MBBS, Ph.D, terdapat dua jenis permasalahan kulit yang sering kali muncul ketika musim panas, yaitu kulit kusam dan muncul break out atau jerawat.

“Pasti yang pertama, banyak orang mengeluhkan kulit kusam. Kemudian banyak yang mengalami break out dan jerawatan,” kata Claudia kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Kedua permasalahan kulit tersebut dapat terjadi bukan hanya disebabkan oleh cuaca panas, melainkan juga polusi udara yang tinggi.

Baca juga: Apakah Acne Patch Efektif Sembuhkan Jerawat? 

Break out atau jerawat 

Tingginya tingkat polusi udara menjadi salah satu faktor yang bisa memicu kemunculan jerawat. Sebab, polusi udara membuat pori-pori wajah mudah tersumbat.

“Ini sangat umum terjadi, karena dengan adanya polusi udara itu pori-pori jadi gampang tersumbat,” jelasnya. 

Apabila kamu tidak membersihkan wajah dengan maksimal dengan menggunakan bahan skincare yang tepat, maka potensi munculnya jerawat bisa lebih besar. 

Baca juga: Ini Cara Mudah Atasi Wajah Kusam dan Lengket saat Cuaca Panas

Kulit kusam

Selain itu, Claudia juga mengungkap bahwa polusi udara bisa menghasilkan radikal bebas. Hal ini dapat berdampak buruk pada perangsangan sel kulit baru pada kulit. 

Alhasil, kulit mati yang ada pada wajah semakin menumpuk. Hal ini yang membuat kulit menjadi kusam dan penyerapan produk skincare di kulit menjadi tidak maksimal.

“Terus polusi juga menyebabkan radikal bebas yang bisa memperlambat pertukaran sel kulit dengan yang baru, jadinya kulit tampak kusam,” ujar Claudia.

Claudia menyebutkan beberapa kandungan skincare yang bisa membantu mengatasi kulit kusam dan berjerawat yaitu serum vitamin C dan antioksidan. 

Baca juga: Penumpukan Sel Kulit Mati Sebabkan Wajah Kusam, Ini Solusinya

“Cara mengatasi kulit kusam dan break out itu dengan menggunakan serum vitamin C dan banyak antioksidan. Karena dua itu kandungan yang baik dan bisa membantu mengatasi kulit kusam,” tandasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com