Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2024, 18:18 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar bahwa penggunaan sunscreen secara rutin bisa membantu mencegah dan mengurangi jerawat?

Ternyata, manfaat sunscreen tidak hanya terbatas pada melindungi kulit dari sinar UV, tetapi juga berperan penting dalam kesehatan kulit yang berjerawat.

Menurut dr. Ayman Alatas, seorang pharmafluencer, penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat dan memudarkan bekasnya.

"Sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat mengandung zat aktif yang bermanfaat untuk kulit. Salicylic acid, pantenol, dan Vitamin B3 adalah beberapa contoh zat yang membantu mengatasi dan mencegah jerawat," jelas dr. Ayman di Press Conference The Launch of Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen: The Real #AcneFighterProtector, Jakarta Pusat, Rabu (29/05/2024).

Baca juga: Simak, Cara Pakai Sunscreen yang Tepat Menurut Dokter Kulit

Mengapa demikian? Karena sunscreen yang tepat mengandung zat aktif yang bermanfaat untuk kulit berjerawat.

Salicylic acid, pantenol, dan Vitamin B3 memiliki peran masing-masing dalam merawat kulit dan mengatasi jerawat.

Salicylic acid, misalnya, dikenal ampuh dalam mengurangi peradangan dan membersihkan pori-pori dari kotoran yang bisa menyebabkan jerawat.

Sementara itu, pantenol membantu melembapkan kulit dan mempercepat proses regenerasi, sehingga kulit lebih cepat pulih dari jerawat.

Vitamin B3 atau niacinamide, berfungsi untuk mengurangi produksi sebum dan mencerahkan kulit, membuat bekas jerawat lebih cepat memudar.

Selain memilih sunscreen yang sesuai, cara penggunaannya juga penting.

"Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata di seluruh wajah setiap pagi sebelum beraktivitas, dan ulangi penggunaannya setiap dua hingga tiga jam sekali, terutama jika berada di luar ruangan," tambah dr. Ayman Alatas.

Dengan cara ini, kulit tidak hanya terlindungi dari sinar UV, tetapi juga mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk mencegah dan mengurangi jerawat.

Baca juga: Jerawat di Usia Dewasa, Penyebab dan Pengobatannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com