Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Acne Patch Aman untuk Mengobati Jerawat? 

Kompas.com - 19/05/2024, 17:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Kemunculan jerawat kerap kali menganggu penampilan, sehingga banyak orang berupaya untuk menyembuhkannya. Salah satu cara menyembuhkan jerawat yang populer akhir-akhir ini adalah menggunakan acne patch atau pimple patch. 

Sesuai namanya, acne patch berupa plester transparan maupun berwarna, yang ditempelkan pada jerawat. Melansir dari Everyday Health dan WebMD, acne patch pada umumnya terbuat dari bahan hidrokoloid, yakni bahan yang dapat menyerap cairan, serta obat jerawat tambahan seperti asam salisilat. 

Baca juga: Apa Itu Acne Patch? 

Lantas, apakah acne patch aman buat menyembuhkan jerawat? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Everyday Health, WebMD, Healthline, dan Rumah Sakit Pusat Pertamina. 

Apakah acne patch aman buat kulit berjerawat? 

Ilustrasi memakai acne patchShutterstock/Zigres Ilustrasi memakai acne patch

Disarikan dari Everyday Health dan WebMD, penggunaan acne patch aman untuk kulit berjerawat. Bahkan, acne patch efektif untuk membantu mengobati jerawat meradang di permukaan kulit. 

Debra Jaliman, Dokter Kulit yang berbasis di New York, AS, menjelaskan, acne patch bekerja dengan cara menyerap cairan dalam jerawat, baik nanah, komedo, maupun minyak berlebih. Jadi, acne patch dapat membantu mengeringkan jerawat meradang pada permukaan kulit. 

“Plester ini efektif karena menyerap cairan berlebih dan memiliki efek seperti vakum yang menghilangkan kotoran dan minyak, penyebab timbulnya jerawat,” kata Jaliman, yang juga Penulis Skin Rules dalam Everyday Health.

Baca juga: Apakah Acne Patch Efektif Sembuhkan Jerawat? 

Namun, dikutip dari Healthline, acne patch hanya dapat membantu menyembuhkan jerawat di permukaan yang lebih mudah diobati, atau dikenal sebagai jerawat superfisial. 

Pada umumnya, jerawat superfisial berupa benjolan yang berisi nanah, komedo hitam, komedo putih, maupun minyak berlebih. 

Dokter Kulit di San Francisco, Lavanya Krishnan mengatakan, acne patch tidak efektif untuk jerawat pada bagian kulit yang lebih dalam, seperti jerawat kistik atau jerawat batu. 

“Kecil kemungkinan acne patch ini dapat menembus ke bagian (kulit) lebih dalam, yang dapat membantu mengatasi jerawat kistik,” kata Krishnan dalam Healthline

Baca juga: Tips Menggunakan Acne Patch untuk Usir Jerawat

Selain membantu mengeringkan jerawat, acne patch juga memiliki manfaat lain yang membantu proses penyembuhan jerawat.

Sebut saja, acne patch melindungi jerawat dari bakteri dan paparan sinar matahari yang dapat memperburuk kondisinya. Selain itu, acne patch mencegah seseorang untuk menyentuh langsung dan memencet jerawat. 

Para peneliti juga menemukan bahwa acne patch yang mengandung hidrokoloid, membantu menyembuhkan sel-sel kulit lebih cepat karena punya sifat antibakteri, dilansir dari WebMD. Hal ini membantu mengurangi tingkat keparahannya jerawat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com