Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2017, 08:30 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sebuah berlian berwarna merah muda yang bening dan indah memecahkan rekor menjadi perhiasan termahal di dunia setelah terjual 71,2 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 949 miliar.

Berlian yang dijuluki The Pink Star ini adalah berlian merah jambu dengan jenis Internally Flawless Fancy Vivid Pink terbesar yang pernah dinilai oleh Gemological Institute of America.

Memiliki berat 59,6 karat, berlian berbentuk oval tersebut dijual di balai lelang Sotheby's di Hong Kong. Balai lelang ini mengatakan pembeli yang berhasil membawa pulang The Pink Star adalah pengusaha perhiasan asal Hong Kong, Chow Tai Fook.

The Pink Star ditemukan di pertambangan De Beers di Afrika pada tahun 1999 dan butuh waktu sekitar dua tahun untuk memotong dan memolesnya menjadi oval.

Keunikan The Pink Star bukan hanya ukurannya tapi juga kejernihan warnanya.

CNBC Berlian Oppenheimer Blue.
"Ini adalah berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah manusia. Warnanya juga luar biasa. Mmebuatnya sangat langka dan juga indah," kata Alexander Breckner, pakar berlian.

Harga berlian ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Oppenheimer Blue yang terjual sekitar 50 juta dollar Amerika pada tahun lalu, namun identitas pembelinya tidak diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com