Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Terbaik Berkomunikasi dengan Generasi Milenial

Kompas.com - 10/04/2017, 17:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber INC

KOMPAS.com -- Kini, generasi milenial (kelahiran 1980-1995) mendominasi bursa tenaga kerja dan keberadaan mereka mengubah bagaimana kebanyakan pekerjaan harus beroperasi bila tidak ingin ditingalkan oleh karyawannya.

Berikut adalah tiga cara terbaik untuk berkomunikasi dengan generasi milenial:

1. Tekankan kerja sama

Pavel Vosk, seorang konsultan manajemen yang berfokus pada milenial, berkata bahwa milenial mempunyai sifat yang mudah bosan, agak arogan, dan tidak mementingkan pekerjaan atau perusahaannya. Namun, mereka sangat memedulikan kerjasama.

"Aku akan menanyakan perasaan mereka bila menjadi orang lain dan menekankan bahwa tindakan tersebut melukai bukan aku, tetapi rekan-rekan kerjanya," katanya.

2. Dengarkan mereka

Anda mungkin telah merasa telah mendengarkan pendapat karyawan milenial, tetapi seberapa sering Anda menanggapi mereka dengan "Ya, tapi...?"

Kulhan, Founder dan CEO dari konsultasi Business Improv, menyarankan tanggapan tersebut menjadi "Ya, dan...". Hal ini terdengar remeh, tetapi kata "tapi" menegasikan, membatasi, dan menurunkan moral karyawan yang ingin berkolaborasi dengan Anda.

3. Penuhi janji

"Janji yang dibuat oleh atasan atau HRD selama proses wawancara menciptakan ekspektasi," kata Bill Pelster, Managing Partner untuk Bersin by Deloitte.

Strategi yang lebih baik, menurut Pelster, adalah menegaskan kembali ekspektasi milenial kepada perusahaan selama proses wawancara. Lalu, selama masa kerja, usahakan untuk membangun komunikasi tatap muka agar karyawan bisa melihat konteks dan tanda-tanda visual dengan jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber INC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com