Salin Artikel

Yoga Ampuh Atasi Depresi dan Menurunkan Nafsu Makan, Benarkah?

KOMPAS.com — Yoga telah lama dipercaya memiliki manfaat kesehatan, dari menurunkan tingkat stres hingga membantu meningkatkan metabolisme.

Nah, riset terbaru membenarkan keyakinan itu, sekaligus mengungkap bahwa yoga juga mampu meminimalkan nafsu makan.

Dalam konvensi Amerika baru-baru ini, empat penelitian terpisah yang dipresentasikan mendukung dua temuan baru ini.

Lindsey Hopkins, salah satu periset dari San Francisco Veterans Affairs Medical Center, meneliti 23 veteran laki-laki yang berpartisipasi dalam kelas yoga dengan intensitas dua kali dalam seminggu selama 8 minggu.

Selama waktu itu, peserta riset megalami penurunan gejala depresi yang signifikan.

Riset lain dari Alliant International University menganalisis 52 wanita dengan usia antara 25 dan 45 tahun dengan separuh dari peserta riset mengikuti kelas hatha yoga sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 8 bulan.

Hatha yoga adalah yoga dengan gerakan lambat dan halus yang berfokus pada integrasi pernapasan ke dalam gerakan.

Semua wanita dalam riset diuji tanda-tanda depresi di awal, tengah, dan akhir penelitian. Hasilnya, para wanita yang berpartisipasi dalam kelas yoga mengalami penurunan depresi setelah 8 minggu mengikuti kelas yoga.

Untuk lebih memastikan hasilnya, periset melakukan penelitian terpisah dengan peserta riset wanita yang berbeda dalam penelitian sebelumnya. Hasilnya tetap sama.

Para wanita yang mengikuti kelas yoga reguler mengatakan bahwa mereka memiliki pengendalian nafsu makan dan emosi yang lebih baik dari sebelumnya.

Yoga memang memiliki banyak manfaat. Agar Kamu lebih mengenal manfaat yoga, simak 10 Pose Yoga untuk Kamu yang Seharian Duduk di Kantor.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/09/202215720/yoga-ampuh-atasi-depresi-dan-menurunkan-nafsu-makan-benarkah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.