Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

KOMPAS.com - Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok. Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling sering terjadi yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang kita gunakan.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut menjadi penyebab kulit kepala kering.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut berbagai perawatan alami yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kelembapan kulit kepala.

1. Lidah buaya

Cara pakainya sangat mudah. Belah lidah buaya segar dan usapkan bagian daging berairnya langsung di kulit kepala. Diamkan kurang lebih 10 menit sampai gel meresap dengan baik.

Alternatifnya, kamu bisa pakai gel lidah buaya asli yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau peppermint.

Pijat campuran tersebut di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan shampo.

Selain dioleskan langsung ke kulit kepala, kamu juga bisa meminum jus lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal.

2. Baking soda dan minyak zaitun

Mengombinasikan keduanya untuk merawat kulit kepala kering bisa membantu menyelesaikan masalah, terlebih jika kamu juga ketombean. Campuran minyak zaitun dan baking soda bisa mengangkat ketombe yang membandel dan meredakan rasa gatal.

Campurkan keduanya dalam perbandingan yang sama, hingga tercampur rata. Kemudian ambil secukupnya dan pijatkan secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih lima menit sebelum cuci bersih dengan sampo.

Pastikan membersihkannya dengan benar agar sisa-sisa bahan tidak menempel yang justru dapat menyebabkan masalah baru di kulit kepala.

3. Yogurt dan telur

Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit kepala dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit kepala dan pijat perlahan sampai meresap sempurna.

Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

Gunakan shampo untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa telur dan juga yoghurt yang mungkin menempel.

4. Alpukat

Menggunakan alpukat yang dihaluskan atau sudah berbentuk minyak bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala. Selain itu, lakukan perawatan dari dalam dengan makan buah alpukat.

Jika kamu berniat untuk menggunakan buah alpukat, usahakan untuk menghancurkannya hingga halus. Setelah itu, jangan lupa untuk mencampurkan minyak zaitun ke dalamnya.

PLumuri kulit kepala dengan campuran bahan ini dengan baik untuk kemudian melakukan pemijatan. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibersihkan.

Seperti biasa, jangan lupa untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa alpukat. Cara yang sama juga bisa diterapkan jika kamu menggunakan minyak alpukat.

5. Masker pisang

Untuk menggunakannya, kamu bisa menghaluskan pisang dengan menambahkan beberapa sendok minyak kelapa atau zaitun. Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

6. Minyak kelapa

Selain melembapkan, minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi akibat kulit kepala yang kering.

Bahkan, minyak kelapa dapat membantu mengobati dermatitis atopik dan membuat rambut menjadi lebih halus.

Cara menggunakannya sangat mudah, hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Pijat hingga meresap dan diamkan selama 10 menit sebelum membilas rambut.

7. Minyak tea tree

Untuk memakainya, kamu bisa mencampur beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Baurkan ke kulit kepala dan pijat secara perlahan.

Diamkan selama 10 menit agar minyak meresap dengan baik. Kemudian bilas dan cuci rambut dengan shampo.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/25/060600920/7-bahan-alami-untuk-mengatasi-kulit-kepala-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke