Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Kacamata Tanpa Memakainya dengan Virtual Try On


JAKARTA, KOMPAS.com - Siang itu, seorang pria dengan setelan jas memasuki gift shop Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta. Ia menuju sebuah layar yang langsung menampilkan wajahnya, memencet beberapa tombol, dan tiba-tiba wajah di layar itu sudah memakai kacamata sesuai pilihannya.

Pria itu adalah Adeza Hamzah, direktur marketing Ritz Carlton. Ia sedang memperkenalkan teknologi Virtual Try On yang memungkinkan seseorang memilih kacamata, tanpa harus mencobanya secara fisik, namun cukup melalui layar.

"Dengan teknologi ini, tamu kami bisa memilih kacamata baik sunglasses maupun ukuran dengan mudah dan cepat," ujarnya, Kamis (11/4/2019).

Lewat teknologi yang dibawa oleh VisionHub itu, kita cukup berdiri di depan layar, lalu memilih kacamata yang kita inginkan. Layar akan menampilkan beberapa model dari berbagai merek yang bisa kita coba secara virtual, dan menampilkan wajah kita dengan kacamata tersebut.

Uniknya, teknologi ini cukup sensitif dengan posisi berdiri kita. Jadi ia menyesuaikan ukuran kacamata yang ditampilkan dengan ukuran wajah. Kamu tidak akan terlihat memakai kacamata kebesaran walau berdiri agak jauh sekalipun.

Selain itu, dengan mudah kita bisa mengganti jenis kacamatanya lewat panel yang memberi beragam pilihan model.

Bagaimana kalau kamu bingung memilih model dan butuh konsultasi? Nah, rupanya teknologi ini memberi kemudahan pilihan berdasarkan ciri fisik dan kepribadian kita.

Kita misalnya bisa memasukkan apa warna kulit kita, bentuk muka, bahkan style kita. Komputer dalam perangkat lalu akan memberi rekomendasi pilihan kacamata yang sesuai dengan data yang kita masukkan.

Bila kita kemudian berniat membelinya dan barangnya kebetulan tersedia di gift shop, maka kacamata bisa segera kita bawa. Namun bila barangnya tidak tersedia, maka Ritz Carlton akan menghubungi rekanannya, yakni Optic Seis, dan pesanan akan segera dikirim.

"Salah satu keuntungan menggunakan teknologi virtual ini memang kita tidak perlu menyediakan banyak stock di gift shop, namun tamu tetap bisa memilih beragam jenis kacamata," papar Hamzah.

Adapun merek-merek yang disediakan antara lain Prada, Bvlgari, Michael Kors, Giorgio Armani dan banyak lagi.

Selama ini banyak tamu hotel yang ingin membeli kacamata, namun tidak tahu harus ke mana. Di pihak lain, kebanyakan gift shop di sebuah hotel tidak menyediakan banyak barang ready stock.

Nah teknologi Virtual Try On bisa mengatasinya, dengan memungkinkan pembeli mencoba lebih banyak kacamata di tempat yang tidak terlalu jauh dari kamarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/16/123101920/mencoba-kacamata-tanpa-memakainya-dengan-virtual-try-on

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke