Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaya Kelly Tandiono, Pakai Busana dari Botol Plastik Bekas

Tampil sebagai muse di panggung kolaborasi bersama Danone-AQUA, Kelly bersama content creator Ayla Dimitri melenggang mengenakan busana yang dibuat dari kreasi bahan-bahan bekas.

Kreasi itu dirancang oleh founder dan creative director fbudi, Felicia Budi.

Pleated long skirt yang dikenakan aktris film Gundala itu terbuat dari kain taffeta dan polyester-hasil olahan daur ulang botol plastik.

Atasan berwarna biru yang dikenakan Kelly merupakan kreasi dari perca katun dan sutra. Sementara, hiasan rambutnya menggunakan bahan nilon bekas.

Felicia menuturkan, di balik kreasi busana berbahan daur ulang tersebut ia menyelipkan pesan untuk mendorong circular fashion.

Circular fashion adalah pembuatan item fesyen menggunakan bahan yang sudah ada sehingga meminimalisasi penggunaan sumber daya baru.

"Kuncinya saya ingin memanfaatkan kain semaksimal mungkin. Sebisa mungkin habis terpakai," ucap dia.

Alih-alih melakukan pengukuran terlebih dahulu pada badan model, ia justru menyambung dan membentuk bahan-bahan tersebut langsung di badan model.

"Jadi bukan di-sketch baru cari kain," kata Felicia.

Kelly dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, mengatasi masalah sampah plastik perlu disertai inovasi dari setiap individu.

Mulai dari hal sederhana seperti memisahkan sampah rumah tangga, hingga mengimplementasikannya di bidang keahlian masing-masing.

Seperti para desainer menuangkan pesan tersebut lewat rancangan busana.

"Aku sangat support sustainable fashion. Jadi bukan cuma gaya hidup sehat tapi di sekitar kira juga harus lebih sehat," ucapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/27/081645520/gaya-kelly-tandiono-pakai-busana-dari-botol-plastik-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke