Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Merawat Kecantikan di Pagi Hari

KOMPAS.com - Apakah kebiasaan merawat kecantikan di pagi hari hanya mencuci muka? Ternyata, mencuci muka saja tidaklah cukup untuk membantu membuat kulit wajah Anda terlihat sehat dan segar.

Simak tips-tips merawat kecantikan di pagi hari ini untuk mendapatkan manfaat lainnya, seperti menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari bahaya sinar UVA & UVB, serta menjaga kelembapan kulit.

1. Berolahraga secara rutin

Ketika berolahraga, hormon stres yang ada di dalam tubuh berkurang, sehingga mengurangi kerusakan yang mungkin timbul di bagian kulit.

Berenang, berlari, berjalan, atau bersepeda selama 30-45 menit setiap paginya sudah cukup.

2. Eksfoliasi kulit

Namun, seberapa sering eksfoliasi harus dilakukan dan seberapa keras kita bisa mengeksfoliasi kulit, hal itu tergantung pada jenis kulit masing-masing.

Jika kulit Anda tergolong kulit sangat kering, lakukan eksfoliasi secara ringan dan lakukanlah hanya sebulan sekali agar kulit tidak menjadi semakin kering. Setelah itu, pastikan memakai pelembap untuk kembali menghidrasi kulit.

3. Hindari pemakaian makeup atau skincare berlebihan

Untuk krim wajah yang cenderung lebih berat, gunakanlah hanya di malam hari. Di pagi hari, sebaiknya gunakan pelembap yang lebih ringan.

Pilihlah pelembap yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, kedelai, koenzim Q10, atau juga kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu menetralkan bahaya radikal bebas yang dapat membuat kulit cepat menua serta berpotensi menyebabkan kanker kulit.

4. Rajin menghidrasi kulit

Rajinlah meminum air untuk menjaga kadar air dalam tubuh, sehingga kulit selalu mendapat asupan untuk melembapkan.

5. Selalu gunakan sunscreen

Sunscreen bermanfaat untuk mencegah dampak negatif dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Pilihlah sunscreen yang mengandung titanium dioksida atau zinc oksida karena kandungan sunscreen tersebut kemungkinan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain tubuh dan wajah, berikan juga pelindungan pada bibir. Pastikan lip balm yang Anda gunakan memiliki setidaknya kandungan SPF 30.

Itulah beberapa tips merawat kecantikan di pagi hari untuk membantu membuat kulit terlihat sehat dan segar sepanjang hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/15/125053420/tips-merawat-kecantikan-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke