Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, Tips Mencegah Kulit Tangan Tampak Keriput

KOMPAS.com - Ketika melakukan perawatan kulit agar tetap terlihat awet muda biasanya orang seringmengabaikan perlindungan untuk tangan.  Padahal, kulit tangan dapat menunjukkan usia kita yang sebenarnya atau bahkan membuat terlihat lebih tua. 

Tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat tangan dengan baik. Pelembap, tabir surya, dan perawatan lain dapat membantu membuat kulit tangan tampak lebih muda.

Penyebab kulit tangan yang menua

Pernah bertanya-tanya apa penyebab tangan menua? Jawabannya ditemukan dari cara tubuh kita berubah secara keseluruhan dari waktu ke waktu.

"Kulit kering, bersisik, kuku rapuh, dan bintik hitam akibat penuaan dapat menjadi masalah seiring bertambahnya usia," kata dokter kulit, Amy Kassouf, MD.

Seiring bertambahnya usia, tangan kita kehilangan lemak dan elastisitasnya, serta kulit kehilangan volume.

Volume yang berkurang dan elastisitas yang menurun ini menghasilkan kulit tembus cahaya yang keriput dan menimbulkan bintik-bintik penuaan.

Bintik-bintik penuaan biasanya timbul setelah kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dan dapat berupa berbagai corak cokelat maupun hitam.

Flek itu muncul di daerah yang paling terpapar sinar matahari, saat melanin melimpah karena paparan sinar matahari.

Kita bisa mendapatkannya pada usia berapapun, terutama jika banyak berada di luar ruangan.

"Tangan kita juga dapat mengembangkan penampilan kerangka karena kita kehilangan lemak di beberapa tempat seiring bertambahnya usia," ujarnya.

Menghindari penuaan di tangan

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk mencegah dan melawan tanda-tanda penuaan di tangan kita. Kassouf merekomendasikan hal berikut:

• Melembapkan

Jangan biarkan tangan kita mengering. Biasakan mengoleskan lotion secara teratur pada siang hari dan setelah mencuci tangan.

Simpan persediaan sebotol pelembap di wastafel sehingga kita tidak akan pernah lupa mengaplikasikannya.

• Lindungi kulit dan kuku

Kenakan sarung tangan berlapis kapas saat berkebun atau terpapar bahan kimia yang keras.

Gunakan sabun pH lembut untuk mencuci tangan atau berkonsultasi pada dokter yang mungkin memiliki lebih banyak rekomendasi jika kita tidak yakin sabun mana yang terbaik.

• Eksfoliasi

Saat kita mengeksfoliasi tubuh atau kulit wajah, jangan lupakan tangan. Gunakan shower puff lembut dengan campuran gula, lemon, dan minyak alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati juga sering ditemukan di bagian atas telapak tangan dan di jari tangan serta buku jari kita. Setelah itu, jangan lupa langsung melembabkan.

• Kenakan tabir surya

Biasakan memakai tabir surya setiap hari. Tabir surya spektrum luas dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 50 atau lebih tinggi akan sangat membantu mencegah bintik-bintik penuaan dan kerutan.

Melindungi tangan dari sinar UV juga dapat mencegah tangan kita terlihat kurus dan keriput seiring bertambahnya usia. Jangan lupa, bahwa saat kita mengemudi, sinar UV bisa masuk melalui jendela.

• Mengonsumsi makanan sehat

Diet seimbang dengan banyak vitamin antioksidan dan asam lemak omega-3 memelihara kulit Anda dan membantu menumbuhkan kuku yang sehat.

Jika pola makan rendah protein, vitamin C, atau vitamin B, serta jika penyerapannya buruk, kuku kita bisa menjadi rapuh dan mudah terkelupas.

"Pastikan untuk mengonsumsi makanan diet seimbang yang sehat dan baik untuk kulit. Selain itu, mengandung vitamin untuk menutrisi tangan kita dari dalam ke luar," terangnya.

Membuat tangan kembali lebih muda

Apabila tangan kita sudah terlihat lebih tua dari yang diinginkan, itu belum terlambat. Sebagian besar masalah dapat diatasi untuk mengembalikan penampilan yang lebih muda.

• Bercak penuaan dapat diperbaiki dengan krim topikal yang dijual bebas atau resep yang mengandung retinol atau asam retinoid.

Jika ini tidak seefektif yang kita inginkan, pengelupasan kimiawi atau perawatan laser ke dokter dapat memberikan hasil yang lebih baik.

• Untuk mencegah semua tanda penuaan, tetap mengonsumsi vitamin, melembapkan kulit,  melindunginya dari sinar matahari, dan membuatnya terhidrasi.

Selama pandemi kita semua lebih sering mencuci dan membersihkan tangan daripada sebelumnya.

"Hal ini dapat merusak fungsi pelindung kulit kita sehingga kulit menjadi kasar, kering, dan meradang. Sehingga dapat meningkatkan penetrasi bahan kimia, alergen, dan infeksi," jelasnya.

Ada dua jenis produk yang dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit. Yang pertama adalah humektan, bahan seperti asam hialuronat yang membantu mengikat air ke dalam kulit untuk melembapkannya.

Kedua, produk yang mengandung lipid atau lemak yang merupakan emolien yang meningkatkan fungsi pelindung kulit, membantu mencegah semua hal yang tidak diinginkan keluar.

"Keduanya sekarang lebih penting dari sebelumnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, terutama tangan kita," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/07/114220920/perhatikan-tips-mencegah-kulit-tangan-tampak-keriput

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke