Salin Artikel

Pilihan Gaya Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah

KOMPAS.com - Gaya rambut pendek untuk perempuan sepertinya tidak pernah ketinggalan zaman. Setiap masa, selalu ada perempuan yang gemar tampil dengan rambut pendek.

Ada beberapa alasan yang membuat perempuan ingin berambut pendek. Mulai dari ingin mengubah penampilan, mengikuti tren, hingga karena merasa 'gerah' dan malas mengatur rambut panjang.

Menurut seorang stylist dari salon terkenal di Inggris, Dylan McConnachie, pencarian untuk gaya rambut rambut pendek di internet mengalami lonjakan selama satu tahun terakhir.

"Setelah masyarakat ditahan begitu lama di dalam rumah karena pandemi, saya melihat banyak yang impulsif memotong rambutnya," kata McConnachie kepada Woman and Home.

Menurutnya, di tengah pandemi, banyak perempuan yang memilih gaya rambut pendek sebagai penampilan baru yang berani.

Namun terkadang, beberapa perempuan masih ragu untuk memotong pendek rambutnya karena takut tidak cocok dengan bentuk wajahnya.

Sejumlah penata rambut memberikan saran bagi perempuan yang ingin potong pendek sesuai dengan bentuk wajah dan jenis rambut.

1. Wajah bulat

Untuk wajah bulat, potongan rambut pendek terlihat bagus dengan lapisan yang lebih panjang atau bob bertingkat. Atau bisa juga gaya bob dengan potongan tumpul.

Pendiri Hare & Bone, Sam Burnett menyarankan sebaiknya pemilik wajah bulat tidak memilih gaya pixie. Sebab itu dapat membuat wajah terlihat lebih bulat dan menghilangkan keseimbangan.

2. Wajah kotak

Gaya rambut pendek yang bagus untuk wajah persegi adalah potongan ekstra tinggi di bagian atas. Atau bisa juga potongan yang lebih panjang di bagian bawah.

Potongan tersebut dapat memperhalus garis rahang. Selain itu, bisa juga memilih potongan soft layer atau rounded layer.

3. Wajah oval

"Bentuk wajah oval paling bagus memilih gaya rambut pixie dengan sedikit fitur untuk mengimbangi ketajaman potongannya," ujar Burnett.

4. Rambut keriting

Banyak perempuan berambut keriting berpikir bahwa dirinya tidak cocok memiliki gaya rambut pendek.

Tapi ada model yang sangat bagus untuknya yakni bob panjang atau lob. Potongan tersebut membuat rambut lebih bertekstur.

5. Rambut lurus

Untuk rambut lurus, pilihlah potongan rambut pendek yang pinggirannya memiliki tampilan tebal. Jika sebelumnya rambut sudah tebal, coba hilangkan sebagian rambut dan tambahkan layer tersembunyi.

"Undercover layer sangat populer karena cocok pada sebagian besar jenis dan tekstur rambut," ujar Katie Allan, penata rambut dari MAYFIVE Hair.

Model rambut ini dapat menambahkan gerakan, tekstur, dan volume ke rambut. Selain itu dapat membuat rambut lebih ringan.

"Teknik ini melibatkan pengurangan berat rambut secara halus dan memberikan hasil yang terlihat alami," tambah Allan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/25/192801420/pilihan-gaya-rambut-pendek-sesuai-bentuk-wajah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.