Salin Artikel

Daftar Tanaman Hias Minim Perawatan dan Tidak Mudah Mati

KOMPAS.com - Adanya tanaman hias di rumah dapat memberi suasana yang lebih segar. Namun, tak semua orang berbakat memelihara tanaman. Baru satu minggu dibawa pulang, tanaman hias sudah layu, bahkan mati.

Jika kamu ingin memperindah rumah dengan tanaman, tetapi malas mengeluarkan banyak usaha, alias mager, pilih-pilih jenis tanaman yang tepat.

Berikut ini adalah rekomendasi tanaman hias yang bisa diletakkan dalam ruangan yang tidak mudah mati:

1. Karet kebo merah 

Karet kebo merah jenis burgundy ini biasanya diletakkan di sudut-sudut rumah dengan tempat yang teduh untuk pertumbuhan yang optimal. 

Tanaman ini membutuhkan pot yang lebih besar karena cenderung tumbuh cukup cepat. Kamu bisa menyiram tiap hari jika cuaca benar-benar panas, namun jika musim hujan dan udara dalam keadaan sejuk, tak perlu terlalu sering.

2. Flapjack 

Ini adalah salah satu tanaman sukulen yang kuat, tumbuh subur di musim panas dan sangat membutuhkan sinar matahari. Kamu juga hanya perlu menyiramnya ketika tanahnya kering saja.

Daunnya yang tebal dan hijau muda dengan pinggiran merah jambu membuatnya menjadi tanaman yang bagus dan unik untuk dijadikan bagian dari dekorasi rumah.

3. Cocor bebek

Tanaman ini memiliki daun tebal yang indah, begitu juga saat berbunga. Kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya, namun tetap perlu memastikan keadaan tanahnya selalu lembab.

4. Ponytail palm atau nolina

Tanaman nolina atau juga dikenal dengan nama kuncir kuda ini merupakan tanaman yang kuat dan memiliki batang yang tebal. Daunnya tipis dan menjuntai ke bawah membuatnya bisa menjadi fokus perhatian di sudut rumah. Tanaman ini juga tahan akan kekeringan, kamu perlu menyiramnya sekitar 2-3 minggu sekali saja.

5. Begonia

Tanaman begonia ini penuh warna dan terlihat ceria, dengan daun dekoratif berwarna merah, putih dan perak.

Kamu hanya perlu menyiramnya 7-10 hari sekali. Untuk hasil terbaik, berikan pupuk cair sebulan sekali agar begonia milik kamu terlihat subur dan sehat.

6. Zanzibar gem 

Tanaman yang satu ini tumbuh di ruang redup dengan kebutuhan air yang cukup sedikit. Jadi, kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya. 

Kamu bisa memotong daunnya yang tumbuh ke atas, jika tanaman satu ini sudah cukup tinggi.

7. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua ini sangat mudah dirawat dan dia kuat untuk bertahan tanpa air. Kamu hanya perlu menyiramnya sekali dalam dua minggu. 

Agar tanaman ini tumbuh lebih baik dan berguna untuk ia bertahan hidup lebih lama, campurkan tanahnya dengan pasir. 

8. Lili Paris

Lili paris yang memiliki daun yang cantik ini merupakan tanaman yang kuat. Daun hijau ramping dibatasi oleh warna krem lembut dapat memberikan percikan warna pada rumah kamu.

Meski berdaun hijau dan sedikit rimbun, lili paris hanya perlu disiram seminggu sekali saja.

9. Sirih gading

Dengan daun berbentuk hati yang berwarna hijau dengan bintik-bintik emas, ini adalah tanaman indoor yang kuat dan juga berfungsi sebagai pembersih udara. Kamu disarankan untuk menyiramnya sekitar sekali dalam seminggu.

10. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya sudah banyak dikenal oleh kebanyakan orang, karena khasiatnya yang cukup banyak. Namun, ia juga cantik dijadikan tanaman ruangan. 

Tanaman ini tumbuh subur dalam keadaan yang kering dan juga tahan kekeringan. Kamu tak perlu repot-repot merawatnya, karena lidah buaya hanya perlu disiram setiap 3 minggu sekali.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/05/154204820/daftar-tanaman-hias-minim-perawatan-dan-tidak-mudah-mati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.