Salin Artikel

Bandung Beauty Station, Tempatnya Brand Lokal Kecantikan Berkumpul

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjadi cantik luar dalam menjadi dambaan banyak orang. Tak heran jika banyak orang, baik kaum hawa ataupun adam rela merogoh koceknya untuk penampilan mereka.

Hal ini menjadi salah satu pendorong industri kecantikan tumbuh positif di tanah air.

Data Kementerian Perindustrian, pada 2017, jumlah industri kosmetik di Indonesia sebanyak 760, yang 95 persen di antaranya sektor industri kecil dan menengah (IKM). Jumlah tersebut terus tumbuh.

Di masa pandemi, meski sempat terpukul, bisnis ini tetap menarik. Hal itu terlihat dalam helatan Bandung Beauty Station yang digelar di Paskal 23 Mall, Bandung, 16-20 Juni 2021.

"Skincare sellingnya lagi gede banget," ujar Project Manager Bandung Beauty Station, Alif Vaniriyadi kepada Kompas.com.

Salah satu yang menunjang penjualan adalah inovasi dan branding. Seperti brand-brand lokal kecantikan di Bandung yang terbilang jago dalam hal inovasi dan branding.

Di masa pandemi, brand-brand ini lebih banyak menjual produknya via online. 

Tapi Alif berpikir, apa yang bisa dilakukannya di masa pandemi agar komunitas dari brand-brand lokal ini terbentuk.

"Maka diselenggarakanlah Bandung Beauty Salon. Kami ingin membangun komunitas, jadi ekosistem yang bagus. Bahkan menjadi acara tahunan yang ditunggu-tunggu," ucap dia.

Alif menjelaskan, acara ini diramaikan 26 brand kecantikan dari Bandung, Jakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, dan lainnya.

Mereka menawarkan berbagai jenis produk perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Seperti skincare, kosmetik, hingga aromaterapi.

"Ke-16 brand ini hasil kurasi dari hampir seratusan produk," kata Alif.

Karena acara ini digelar di masa pandemi dan Bandung tengah siaga Covid-19, pihaknya sangat membatasi jumlah kunjungan.

Ia hanya menargetkan 10 persen orang yang berkunjung ke acara tersebut dari jumlah pengunjung 23 Paskal.

"Pengunjung 23 Paskal itu sekitar 25.000 per hari, jadi target kami hanya 10 persennya atau 2.500," tutur dia.

Direktur Komersial dan UMKM bank BJB Nancy Adistyasari, yang membuka acara Bandung Beauty Station mengatakan, selain menghadirkan berbagai produk lokal, kegiatan ini akan membahas tentang beauty inside and out.

"Akan dibahas konsep kecantikan di kalangan masyarakat saat ini. Dimana standar kecantikan tidak ditentukan dari bentuk wajah, warna kulit, ataupun hal-hal estetis lainnya," ucap dia.

Bandung Beauty Station menekankan tema bahwa setiap individu dapat menciptakan definisi kecantikannya sendiri.

Itulah gagasan yang akan dibahas lebih dalam oleh para influencer seperti Alifah Ratu, Gabriella Citra, Addry Danu, dan Andira Hadley.

Adapun brand lokal yang ikut meramaikan kegiatan ini di antaranya Wardah, Implora Cosmetics, Mineral Botanica, Rossa Beauty, HGL House, Jarkeen, Zlota, Joselin, Soona, JustMine Beauty, The Nude Co, Atman, dan The Good Virtues Co, serta Jumbuh.

"Acara ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi konsumen, terutama di masa pandemi Covid-19 yang sempat menghantam banyak pengusaha berbagai sektor. Momen ini juga ajang untuk mensosialisasikan transaksi digital," kata dia.

Salah satu brand yang ikut kegiatan ini adalah Jarkeen. Brand asal Bandung yang dibangun tahun 2018 ini sukses dibangun tanpa modal.

"Dulu, karena sistemnya PO jadi ga pake modal. Alhamdulillah respons pasar bagus. Serum saya per bulan bisa terjual 10.000 botol," ungkap pemilik Jarkeen, Septrina Rams Cheetri.

Saat pandemi, penjualannya mengalami penurunan. Namun kini pelan-pelan mulai merangkak kembali.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/17/214258920/bandung-beauty-station-tempatnya-brand-lokal-kecantikan-berkumpul

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.