Salin Artikel

Joseph Turunkan Bobot 40 Kg Selama 14 Tahun, Apa yang Dilakukan?

Namun, setelah lulus kuliah, berat badannya sempat turun melalui pola makan yang lebih baik dan olahraga yang ringan.

Tetapi, kemudian dia membiarkan kebiasaan makannya kembali berubah menjadi tidak sehat, sehingga mengakibatkan berat badannya kembali melambung. 

"Saya pun memutuskan untuk mulai bersepeda pada musim semi 2008 setelah melihat ayah saya melakukannya untuk kesehatannya," kata Joseph.

"Saya pikir akan menyenangkan untuk bergabung dengannya," lanjut dia.

Mulai bersepeda

Pria berusia 45 tahun itu mengungkapkan, perjalanan pertamanya bersepeda menempuh jarak sekitar 24 kilometer, dan itu membuat pantatnya lumayan sakit.

"Saya akhirnya membeli celana pendek bersepeda yang murah keesokan harinya," ujar dia.

"Bulan berikutnya, jarak yang saya tempuh mengalami peningkatan yakni sekitar 80 kilometer," sambung dia.

Pada tahun 2010, Joseph juga mengikuti perlombaan sepeda gunung Iceman Cometh Challenge, meskipun dia tidak menyelesaikannya sebaik yang diharapkan.

"Jadi, itu memotivasi saya untuk lebih baik lagi tahun depan. Akhirnya, di tahun-tahun berikutnya saya berhasil menyelesaian Clydesdale beberapa kali," tutur dia.

Kolesterol tinggi

Setelah beberapa tahun bersepeda, Joseph mulai bekerja di sebuah bank yang menawarkan program kesehatan untuk karyawannya.

Sebagai bagian dari program itu, perusahaan memberikan penilaian kesehatan kepada karyawan dan melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa penanda kesehatan dasar.

"Hasil saya menunjukkan bahwa saya memiliki kolesterol yang tinggi saat berusia 34 tahun," ungkap dia.

Joseph pun mengunjungi dokter untuk membicarakannya dan dia benar-benar tidak ingin menjalani pengobatan jika memang tidak diwajibkan.

"Jadi, dokter menyarankan saya untuk menurunkan berat badan. Saat itu berat saya sudah sekitar 13 kilogram dari puncak berat badan saya yang mencapai 131 kilogram," kata dia.

"Namun, saya membuat tujuan mengurangi sembilan kilogram lagi untuk melihat apakah saya bisa mendapatkan kembali berat badan yang ideal, dan tentunya menjaga kolesterol tetap terkendali," tambah dia.

Bersepeda dan memerhatikan nutrisi

Hingga tahun 2021, berat badan Joseph berada di angka 99 kilogram yang cukup nyaman dan sehat.

Namun, dia terus bersepeda dan memerhatikan asupan nutrisi dari makanannya.

"Saat ini saya berlatih dengan pelatih bersepeda, Brian Harris dari Training Peaks dan menjaga asupan nutrisi bersama pelatih dari L2 Health & Wellness," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa pelatihnya membantu membuat rencana makan dan mengelola makronutrien dasar, sehingga dietnya bisa sangat fleksibel tapi tetap berjalan dengan baik.

"Saya juga bersepeda sekitar 12 jam seminggu, dengan separuh waktunya datang di akhir pekan dan jadwal balapan yang cukup konsisten dari tahun ke tahun," kata dia.

Pelajaran yang didapatkan

Menurut Joseph, perubahan fisik dan penurunan berat badan yang dialaminya hanyalah sebagian kecil dari dampak bersepeda.

Tetapi, yang paling penting dia dapat menuai banyak manfaat kesehatan dari bersepeda secara rutin dan mengatur pola makannya.

"Bersepeda juga memotivasi diri saya sendiri untuk mencapai tujuan baru dalam pernikahan saya, sebagai orangtua, dalam karir saya, dan dalam komunitas saya," tutur dia.

"Saya sangat menyarankan orang-orang menetapkan tujuan besar untuk diri mereka sendiri dan berusaha untuk mencapainya," imbuh dia.

Secara keseluruhan, Joseph telah kehilangan 40 kilogram selama kurang lebih 14 tahun. Sekarang berat badannya sudah berada di angka 90 kilogram.

Nah, bagi yang ingin membuat perubahan besar, dia pun merekomendasikan kita menemukan rencana diet yang tepat, berkelanjutan, dan tentu saja menyenangkan untuk dijalani.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/17/180623220/joseph-turunkan-bobot-40-kg-selama-14-tahun-apa-yang-dilakukan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.