Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu Dicat, Ini 6 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Jika merasa terganggu dengan keberadaan rambut putih tersebut, terutama jika usia masih terbilang muda, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dicoba.

Sebelumnya, ketahui dulu bahwa rambut mengalami siklus mati alami, yang kemudian diikuti dengan regenerasi. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit warna.

Menurut Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap awal munculnya uban. Meski begitu, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Sebagian orang merasa kemunculan uban bukanlah masalah dan menganggapnya sebagai tanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, sebagian lainnya mencari cara menghilangkan uban karena ingin tampil lebih muda.

Selain mengecat rambut, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa kita praktikkan.

Cara menghilangkan uban secara alami

Perubahan gaya hidup dapat menjadi cara menghilangkan uban secara alami. Jika cara tersebut masih belum berhasil, kita juga bisa mencoba beberapa perawatan rumahan.

Rekomendasi di bawah ini lebih ke bagaimana cara menghilangkan rambut secara alami tanpa obat. Silakan diikuti tips-tipsnya. Berikut beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dipraktikkan:

Menurut Healthline, beberapa vitamin yang perlu dipenuhi seperti vitamin B, terutama b-12 dan biotin, serta vitamin D, E, dan A.

Sementara mineral yang perlu dipenuhi seperti seng, zat besi, magnesium, selenium, dan tembaga.

Kebanyakan vitamin dan mineral dapat dipenuhi melalui sumber alami. Vitamin D, misalnya, bisa didapatkan dengan berjemur matahari selama beberapa menit setiap pagi.

Contoh lainnya adalah vitamin A yang bisa didapatkan dari sumber makanan seperti wortel, brokoli, dan hati sapi dan vitamin B-12 dari sumber makanan seperti kerang dan telur.

Sedangkan mineral zat besi bisa didapatkan lewat makanan seperti bayam, daging merah, dan hati.

Selain tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, merokok juga bisa merusak dan mengecilkan folikel rambut.

Itulah mengapa, menghentikan kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan uban secara alami.

Beberapa perlakuan yang sebaiknya dihindari antara lain menggunakan bleaching, menggunakan sisir rambut dengan gigi rapat -terutama pada kondisi rambut basah, terlalu sering menggunakan pengering atau pengeriting rambut, menggunakan sampo keras, dan terlalu sering keramas.

Jika mencari cara menghilangkan uban secara alami, perawatan rumahan ini mungkin dapat dicoba.

Untuk mengaplikasikannya, cobalah rendam 3-5 kantong teh dalam dua cangkir air mendidih. Kemudian, dinginkan dan tuangkan ke rambut yang bersih dan masih dalam kondisi basah.

Teh juga bisa dicampur dengan kondisioner untuk diaplikasikan di batang rambut. Diamkan selama satu jam sebelum dibilas.

Ketika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari dapat membantu mencegah uban dini.

Jika mencari cara menghilangkan uban secara alami, metode ini juga layak dicoba.

Sebuah laporan dalam International Journal of PharmTech Research menyoroti penggunaan daun kari secara tradisional untuk mempertahankan warna hitam pada rambut dan mencegah munculnya uban secara dini.

Minyak ini juga memiliki nutrisi yang baik untuk rambut.

Untuk mencegah uban dini, kita bisa mengoleskan langsung dua sendok makan minyak kelapa murni ke kulit kepala dan memijatnya selama beberapa menit. Kemudian, biarkan selama sekitar satu jam.

Setelah itu, bilas rambut dan berkeramas dengan sampo. Lakukan perawatan ini seminggu tiga kali untuk hasil yang maksimal.

Sementara untuk menjadikannya sebagai cara menghilangkan uban secara alami, cobalah mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Kemudian, bilas rambut seperti biasa di pagi hari.

Kita bisa menggunakan beberapa bahan herbal. Namun, karena bahan-bahan ini tidak sekuat pewarna rambut yang tersedia di pasaran, proses pewarnaan perlu dilakukan beberapa kali hingga kita melihat hasilnya.

Jika ingin mengembalikan warna rambut hitam, misalnya, kita bisa menggunakan teh hitam atau kenari hitam, sementara jika ingin mengembalikan warna rambut cokelat bisa menggunakan kopi atau kayu manis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/08/191500820/tak-perlu-dicat-ini-6-cara-menghilangkan-uban-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke