Salin Artikel

Berbagai Variasi Menu Oatmeal untuk Bantu Diet

KOMPAS.com – Dari sekian banyak varian menu sarapan, mungkin oatmeal bisa dikatakan sebagai menu sarapan terbaik. Pasalnya, di balik rasanya yang lezat dan mudah cukup mudah dibuat, oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan penurunan berat badan.

Kebaikan gandum utuh dari oat memang akan memberi kita serat dan protein, membuat kita kenyang sepanjang pagi.

Selain itu, hanya dengan kandungan 150 kalori per setengah cangkir, konsumsi oat juga tidak akan memuat kita memulai hari dengan berat. Bahkan faktanya, sebuah studi tahun 2016 dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa oatmeal meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan lebih baik daripada sereal siap saji.

Kendati demikian, jika kita menggunakan oatmeal sebagai menu sarapan guna menurunkan berat badan, kita mungkin memerlukan beberapa cara baru untuk membuat menu oatmeal yang menarik dan tak membosankan.

Oatmeal sendiri merupakan makanan yang cukup mudah untuk dikreasikan lho.

Nah, berikut variasi menu oatmeal menarik untuk menurunkan berat, seperti dilansir dari Eat This Not That.

1. Blueberry + Almond

Almond mungkin padat kalori, membuat kita mengira bahwa makanan satu ini tidak mampu membantu melangsingkan tubuh. Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih sering makan kacang cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah.

Jadi, sertakan segenggam kecil irisan almond dalam kreasi oatmeal kita berikutnya. Kemudian, untuk menambahkan rasa manis, beralihlah ke blueberry segar atau beku, alih-alih menambahkan susu kental manis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin, flavonoid yang memberi warna khas pada blueberry, mungkin memiliki sifat penurun berat badan alami.

2. Pear + Kayu manis

Setengah pir sedang yang kaya serat hanya menambahkan 50 kalori, sementara kalori dalam taburan kayu manis dapat diabaikan, menjadikannya menu yang sangat rendah kalori.
Cobalah tambahkan pir matang yang dipotong dadu ke dalam oat yang dapat dipanggang dengan microwave, atau tambahkan pir yang lebih keras ke oatmeal panggang.

3. Biji Rami + Pisang + Selai Kacang

Selain lezat, kombinasi pisang dan selai kacang rupanya baik untuk menurunkan berat badan! Satu sendok makan selai kacang mengandung 4 gram protein untuk menjaga perut tetap kenyang, sedangkan pisang menambah rasa manis, sehingga tidak perlu madu atau gula merah lagi.

Lalu, taburkan satu sendok makan biji rami untuk tekstur ekstra, dengan manfaat serat, dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

4. Labu + Kunyit + Delima

Ingin mencoba menu yang lebih unik? Jika iya, campurkan saja oatmeal dengan puree labu, kunyit, dan biji delima. Labu memiliki banyak serat untuk mencegah rasa lapar dan menawarkan mikronutrien penting seperti vitamin A, vitamin C, dan potasium.

Sementara itu, sifat antioksidan kunyit sangat bermanfaat bagi proses diet kita. Rasa pedasnya pun akan berpadu indah dengan krim lembut labu.

Lalu, tambahkan biji delima untuk memberikan sensasi rasa manis dan renyah. Seperempat cangkir menu oatmeal ini hanya mengandung 36 kalori saja lho.

5. Wortel parut + Kenari + Sirup Maple

Buah mungkin bukan varian yang aneh untuk topping oatmeal, namun, sayuran juga tak kalah lezat lho. Jadi, cobalah buat sarapan yang terinspirasi dari menu kue wortel dengan memasukkan wortel parut, potongan kenari, dan sirup maple ke dalam oatmeal panggang kita.

Memanggang akan melunakkan wortel dan kenari sehingga tidak terlalu renyah.
Nah, berkat serat dari wortel serta protein dan lemak baik dalam kacang, menu oatmeal satu ini bukan hanya mengenyangkan dan sehat, tetapi juga masih bisa terasa seperti dessert lezat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/14/085608520/berbagai-variasi-menu-oatmeal-untuk-bantu-diet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.