Salin Artikel

8 Manfaat Daun Pandan, Tak Cuma untuk Makanan dan Minuman

KOMPAS.com - Manfaat daun pandan yang paling umum diketahui adalah sebagai bahan masakan atau untuk membuat kue dan minuman.

Padahal, berdasarkan sejumlah studi, manfaat daun pandan ternyata sangat beragam, termasuk untuk kesehatan rambut, meredakan nyeri, meredakan kulit yang terpapar matahari, dan mengusir kecoak.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa didapatkan lewat beberapa cara, seperti dicampurkan ke dalam nasi hangat, sup, kari, atau minuman.

Manfaat daun pandan

Berikut beberapa manfaat daun pandan yang bisa kita dapatkan:

Menurut WebMD, para peneliti menemukan, minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokomia. Adapun fitokimia dikenal dapat membantu meredakan gejala radang sendi.

Selain itu, daun pandan juga diyakini mampu membantu meringkankan sakit kepala dan sakit telinga.

Sejumlah studi mendukung klaim bahwa salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung.

Daun pandan ditemukan mengandung sumber karotenoid yang baik. Kelas antioksidan ini dikenal mampu mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala gatal, mengelupas, dan bahkan kerontokan rambut.

Menurut NetMeds, daun mandan sarat akan sifat antijamur sehingga efektif menangkal ketombe dan infeksi lain di kulit kepala, sehingga mampu menenangkan rambut dan mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Jika sampo tidak membantu mengurangi ketombe, menggunakan perawatan daun pandan mungkin bisa dicoba.

Caranya, hancurkan sekitar 10 daun pandan segar hingga halus, kemudian campurkan dengan sekitar 100 mililiter air.

Lalu, aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas atau dicuci menggunakan sampo.

Menurut Healthline, mengunyah daun pandan bisa membantu menyegarkan napas karena punya aroma yang menyenangkan.

Beberapa praktik pengobatan juga menggunakan teknik ini untuk membantu menghentikan gusi berdarah.

Namun, efek ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Sebuah penelitian melibatkan 30 orang dewasa sehat yang diminta untuk minum teh panas dari daun pandan.

Mereka kemudian mengikuti tes gula darah oral standar.

Peneliti menemukan, orang-orang yang minum teh pandan pulih lebih baik dari tes gula darah daripada mereka yang tidak.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mengonfirmasi temuan ini.

Untuk menggunakannya, daun pandan bisa dikeringkan dan digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, kulit terbakar matahari, dan masalah kulit lain.

Penelitian awal menunjukkan bahwa asam tanat dalam pandan dapat membantu mendinginkan luka bakar ringan dengan lebih cepat. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan-temuan ini.

Manfaat daun pandan untuk kulit bisa didapatkan salah satunya dengan menambahkan teh daun pandan ke dalam bak mandi. Kemudian, kita bisa berendam menggunakan air tersebut sambil membantu meredakan sengatan matahari di kulit.

Laman Home and Decor menjelaskan, serangga seperti kecoak bernapas melalui trakea yang melekat pada bukaan spirakel di semua segmen tubuhnya.

Artinya, serangga ini bernapas melalui "kulit" dan tidak dapat mentoleransi partikel wewangian yang bisa menyumbat kulitnya.

Mengisi udara dengan wewangian, seperti pandan, bisa "mencekik" kecoak dan membuatnya tidak betah berada di ruangan tersebut.

Namun, agar efektif kita perlu menggunakan daun pandan segar dan memastikan daun ini selalu ada di rumah.

Kita perlu menggantinya secara rutin. Sebab, daun pandan yang disimpan di lemari selama lebih dari sebulan, misalnya, mungkin sudah tidak bisa memberikan manfaat yang maksimal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/25/112757720/8-manfaat-daun-pandan-tak-cuma-untuk-makanan-dan-minuman

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.