Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jenis Ikan Guppy Paling Cantik yang Sering Diburu Orang

KOMPAS.com - Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini banyak dicari penggemar akuarium .

Memang, ikan guppy memiliki bentuk yang indah, memiliki warna yang cantik, relatif mudah dirawat, dan perilaku yang cenderung tenang, sangat cocok bagi mereka yang baru terjun ke dunia ikan hias.

Kendati demikian, ikan guppy memiliki banyak varian. Sehingga penting bagi kita untuk mempertimbangkan ikan jenis apa yang perlu kita beli.

Nah jika bingung, berikut ini ada rekomendasi enam ikan guppy paling cantik yang sering dicari orang, seperti dilansir dari laman Hometanks.

Ikan guppy satu ini senang berenang dalam kelompok dan sangat aktif. Namun, cukup tenang dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Blue guppy juga merupakan ikan cantik yang cocok untuk menjadi penghuni akuarium dengan berbagai karang kecil berkat sisik bulatnya yang memiliki kombinasi warna unik: hijau di bagian bawah, dan biru di bagian atas.

Lalu, ikan guppy jenis ini biasanya memiliki tubuh berwarna pucat dengan sirip biru cerah.

Namun, fitur paling cantik dari Blue Guppy ini adalah warna-warna menyala di sirip ekornya yang memantulkan warna pelangi pada sisiknya yang berwarna hijau kebiruan.

Ada beberapa Fancy Guppy yang biasa jadi incaran orang-orang, seperti double rainbow guppy, peacock guppy, dan leopard guppy.

Fancy guppy sendiri memiliki ciri khas tubuh ramping berwarna perak dengan punggung berwarna hijau atau biru.

Lalu, sifatnya pun aktif, cocok bagi penghobi pemula.

Namun, ikan yang bersifat tenang ini perlu perawatan ekstra. Pasalnya, ikan guppy ini bisa mudah mati jika tidak mendapat perawatan tepat.

Kendati demikian, ikan ini bisa bertahan dua tahun jika dirawat dengan baik dan senang bersosialisasi, membuatnya jadi pilihan yang baik bagi penghobi.

Biasanya, ikan ini memiliki warna hijau atau biru terang yang berpadu dengan tubuh panjang dan langsing.

Sifatnya pun aktif dan senang bermain, namun tenang dan tidak agresif, membuatnya makin disukai.

Terakhir, ikan guppy jenis ini juga dikenal sebagai perenang yang cepat, dan sering terihat melesat di dalam air.

Warna dan pola sisiknya pun beragam, meski umumnya memiliki tubuh berwarna abu-abu dengan warna pink terang, biru, atau oranye di bagian sisinya.

Kepopulerannya juga bertambah karena ikan-ikan ini tetap tenang meski sangat aktif, sehingga cocok dipelihara para pemula.

Lalu soal usia, Halfmoon biasanya punya usia yang cukup panjang meski perlu perawatan khusus. Pasalnya, terkadang ikan guppy jenis ini mati karena stres.

Ikan guppy jenis ini juga disebut-sebut sebagai salah satu guppy tercantik di dunia berkat tubuh langsing dan ekornya yang meruncing.

Warnanya yang unik dan kemampuannya untuk bertahan dalam segala jenis kondisi pun membuatnya makin populer untuk dijadikan peliharaan.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/02/173223720/6-jenis-ikan-guppy-paling-cantik-yang-sering-diburu-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke