Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jenis Sayuran yang Dapat Mengecilkan Perut, Apa Saja?

Apalagi, sayuran adalah makanan kaya nutrisi seperti serat maupun protein, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk proses membakar kalori.

Nah, para ahli diet pun merekomendasikan beberapa sayuran yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa membantu mengecilkan perut sebagai berikut.

Selain itu, bit juga mengandung serat yang tinggi, yakni sekitar 3,8 gram per cangkir.

Dengan mengonsumsi serat yang cukup setiap kali makan atau ngemil, ini dapat membantu mencegah perut kembung, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan perasaan kenyang.

Serat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus, sesuatu yang sangat penting dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Sayuran ini diketahui mengandung vitamin A, K, C, dan B6, serta mangan, tembaga, dan potasium.

Kita juga bisa mendapatkan serat dan protein, hanya dengan sekitar 43 kalori per 100 gram.

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang benar-benar dapat membakar lemak perut, namun mengganti makanan manis dan olahan dengan sayuran berserat tinggi seperti kale dapat mengurangi asupan kalori dan meningkatkan asupan nutrisi yang lebih bermanfaat.

Bahkan, menambahkan lebih banyak bayam ke dalam diet kita sehari-hari terbukti dapat membantu menghilangkan lemak perut.

"Sayuran berdaun hijau tidak hanya super bergizi, tetapi juga membantu kita mengecilkan lemak perut," kata ahli diet dan penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

"Bayam mengandung serat yang tinggi, yang menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan."

"Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung pengurangan berat badan, termasuk lemak perut atau visceral," jelas dia.

Sayuran ini juga penuh nutrisi yang dapat membantu kita menurunkan berat badan dengan sehat.

"Paprika adalah sayuran ideal untuk ditambahkan ke dalam diet penurunan berat badan," terang konsultan diet di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

Paprika merah juga rendah kalori dan mampu membantu menciptakan rasa kenyang setelah makan.

"Kandungan serat dan capsaicinnya pun memberikan manfaat penurunan berat badan," imbuh dia.

Itulah sebabnya, kedua ahli diet tersebut yakin bahwa sayuran hijau ini dapat membantu mengelola berat badan kita yang lebih sehat.

"Sayuran cruciferous ini kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh," kata Best.

"Senyawa utamanya adalah sulforaphane yang bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB dalam tubuh."

"Zat-zat ini mendorong proses peradangan. Dengan mengurangi peradangan, tubuh lebih mampu melepaskan berat badan dan bekerja secara efisien di setiap area lainnya juga," demikian penuturannya.

Sementara itu, D'Angelo mengungkapkan bahwa brokoli juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dapat mengecilkan perut, termasuk vitamin C, kalsium, dan kromium.

"Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memetabolisme lemak menjadi energi,"ujarnya.

"Sayuran ini juga merupakan makanan berkarbohidrat tinggi, yang memiliki banyak manfaat dalam hal penurunan berat badan seperti membantu kita merasa kenyang, memberikan energi, mencegah kenaikan berat badan, melancarkan pencernaan, dan menghilangkan lemak perut," kata dia.

Sayuran akar ini mengandung lebih banyak nutrisi daripada yang disadari banyak orang.

Tidak hanya itu, mengonsumsi wortel mentah juga bisa membantu kita menurunkan berat badan dan tentunya mengecilkan perut.

"Sayuran ini unik dalam kemampuannya untuk membantu mengurangi lemak perut karena meningkatkan metabolisme tubuh," ungkap Best.

"Efek termogenik makanan (TEF) adalah tingkat kalori makanan yang menyebabkan tubuh terbakar saat dicerna."

"Karena tekstur wortel keras, maka sayuran ini memiliki TEF yang tinggi dan karenanya menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori hanya dengan memakannya," jelas dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/12/074552720/6-jenis-sayuran-yang-dapat-mengecilkan-perut-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke