Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Sehat Menangkal Penuaan ala Martha Stewart

KOMPAS.com - Meski usianya tak lagi muda, Martha Stewart, founder Martha Stewart Living Omnimedia, masih terlihat menjalankan kehidupan yang sehat.

Banyak orang mempertanyakan, bagaimana cara dia bisa memiliki kulit yang sehat saat penuan mulai menghampiri?

Menurut perempuan 82 tahun yang masih terlihat bugar ini, untuk menjalani kehidupan yang berkualitas, yang terpenting bukan hanya seputar pola makan sehat dan olahraga.

Martha ternyata juga menjaga jadwal kerja yang aktif, melakukan hobi-hobinya, serta menjalin hubungan yang kuat dengan teman-temannya.

Berikut sederet tips penuaan yang sehat dari Martha Stewart.

  • Gunakan tabir surya

Sinar UV dari matahari dikenal sebagai penyebab kerusakan kulit yang signifikan.

SPF (Sun Protection Factor) adalah pertahanan terbaik untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti kekenduran, bintik-bintik hitam, dan kerutan.

Tidak hanya itu, SPF juga dapat membantu mencegah risiko terkena kanker kulit.

Martha Stewart mengaplikasikan SPF setiap hari, dan dapat dipastikan penggunaan SPF memainkan peran besar dalam menjaga penampilan awet muda kulitnya.

  • Memelihara persahabatan

Sebagai makhluk sosial, sangat penting bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Martha Stewart mengungkapkan, menjaga hubungan persahabatan, termasuk dengan orang seperti Snoop Dogg, memainkan peran kunci dalam keberhasilan penuaannya.

Reena B. Patel, seorang psikolog pendidikan dan analisis perilaku menjelaskan, ketika kita melakukan hobi atau mencoba hal baru, kita merasakan kegembiraan, motivasi, dan semangat untuk mencoba.

Menurut dia, melakukan hal itu merupakan bentuk baru dari pertemanan dan interaksi sosial.

Dengan melakukan itu, akan membuat hidup lebih menarik, memberikan energi tambahan, dan meningkatkan rasa ingin tahu untuk terus belajar, serta menantang diri untuk berpikir di luar zona nyaman.


  • Mempelajari hal baru

Seiring bertambahnya usia, Martha menyebut penting untuk terus belajar sesuatu yang baru setiap hari.

Menurut dia, ini bukan hanya tentang meningkatkan pengetahuan pribadi, tetapi juga untuk bisa terlibat dalam percakapan menarik, dan memiliki kemampuan untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Reena B. Patel juga setuju dengan pandangan ini.

Menurut dia, dengan mempelajari hal baru, maka terpicu pembentukan sel-sel otak baru dan jalur-jalur baru dalam otak.

Sel-sel otak baru ini dapat terhubung dengan sel-sel otak lainnya, dan hasilnya, membentuk jalur-jalur baru yang melintasi seluruh otak kita.

  • Jadilah petualang

Salah satu bagian penting dari proses pembelajaran yang melibatkan pengalaman adalah kemampuan untuk melihat hal-hal baru.

Inilah alasan mengapa Martha Stewart memberikan prioritas tinggi pada menjelajahi dunia, mencoba makanan baru, dan merasakan budaya lokal secara langsung.


  • Jadilah kreatif

Martha percaya, tanpa kemampuan untuk berkreasi, seseorang bisa merasakan hambatan dalam hidupnya.

Untuk itu, ia menekankan beberapa kata kunci yang sangat penting baginya, yaitu rasa ingin tahu, kreativitas, inspirasi, dan informasi.

Martha mengaku sangat gemar membuat kerajinan tangan.

  • Minum jus hijau setiap pagi

Martha Stewart memiliki rutinitas pagi yaitu, menikmati segelas jus hijau segar.

Selama bertahun-tahun, ia menyempurnakan resep jus hijaunya. Resep ini terdiri dari buah pir, mentimun Inggris, seledri, peterseli, dan jahe segar.

Ben Brown, pemilik BSL Nutrition mengatakan, membuat jus memberikan peluang besar untuk mendapatkan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi dari makanan segar yang kaya nutrisi.

Terlebih lagi, beberapa orang mungkin tidak suka mengonsumsi makanan ini dalam jumlah besar dan jus adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan nutrisi harian

  • Terus bergerak

Berolahraga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan, terutama saat kita memasuki tahap penuaan.

Kegiatan fisik membantu memperkuat dan menjaga otot, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kelenturan dan daya tahan tubuh, dan bahkan merangsang aktivitas otak.

Martha Stewart memiliki kesukaan dalam berolahraga, terutama pilates, yang dia lakukan setiap hari.

Seperti olahraga lainnya, pilates juga mempromosikan kesadaran pikiran dan tubuh, serta memiliki potensi untuk mengurangi tingkat stres.


  • Manjakan diri

Melakukan perawatan wajah dapat memiliki dampak positif pada kualitas kulit, baik secara instan maupun dalam jangka panjang.

Bahkan, Martha Stewart mengungkapkan menjalani facial secara rutin tanpa perlu suntikan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kulitnya tetap terlihat cantik.

Menurut seorang dokter, perawatan wajah yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit dapat mencakup berbagai langkah, seperti pengelupasan kulit ringan, ekstraksi pori-pori, dan jika memungkinkan, pemijatan limfatik.

Teknik pemijatan ini memiliki manfaat seperti mengurangi bengkak dengan menggalakkan sistem drainase limfatik dan meningkatkan aliran darah.

Ini akan meningkatkan efektivitas produk-produk topikal aktif seperti asam hialuronat dan vitamin C.

  • Memprioritaskan hidup yang baik

Martha Stewart menekankan, kunci penuaan yang sehat adalah memprioritaskan kehidupan yang baik dan memiliki kepercayaan diri.

Menurut dia, kita harus fokus pada kehidupan yang berkualitas, bukan terobsesi dengan proses penuaan.

Sementara Rachel Fleischman, seorang psikolog, berpendapat penuaan dapat menjadi aktif atau tidak aktif.

Penuaan aktif berarti kita terus berpartisipasi dalam kehidupan dengan semangat dan sikap positif.

Sebaliknya, penuaan tidak aktif berarti kita menghindari keterlibatan dalam kehidupan yang dinamis.

Fleischman menekankan pentingnya berinvestasi dalam hubungan sosial, menjaga rasa ingin tahu terhadap dunia di sekitar kita, dan terus mengembangkan kreativitas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/11/120000620/tips-sehat-menangkal-penuaan-ala-martha-stewart

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke