Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendapatkan Kulit Sehat ala V BTS, Apa Rahasianya?

KOMPAS.com - Siapa pun yang mengatakan perawatan kulit adalah perawatan diri yang utama, ada benarnya. Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang lebih rentan terpapar debu dan kotoran. Itulah mengapa perawatan kulit sangatlah penting agar kita bisa tampil maksimal.

Hal itu juga berlaku bagi Kim Taehyung BTS atau yang dikenal dengan nama panggung V. Kim Taehyung adalah salah satu anggota BTS yang dikenal taat pada rutinitas perawatan kulit meskipun jadwalnya sibuk dan padat.

Dari pertunjukan live berturut-turut, rekaman album, pemotretan merek, dan bepergian keliling dunia yang tak ada habisnya, para anggota BTS sering kali menderita kulit kusam dan lelah.

Namun V membagikan rahasia perawatan kulitnya yang simpel dan mudah untuk diikuti. Jika ingin memiliki kulit sehat, cerah, dan bersinar seperti V, jangan lewatkan pemaparannya berikut ini.

Apa masalah kulit yang dialami V?

V tidak segan-segan membicarakan tentang jerawat yang kadang-kadang muncul dan kurangnya elastisitas kulit yang membuatnya khawatir.

Dalam perbincangannya dengan Allure, V menyebutkan bahwa kulitnya relatif cepat kering dan berminyak. Pelantun Winter Bear ini juga menambahkan bahwa dia melapisi kulitnya dengan toner dan pelembab selama penerbangan untuk memastikan kulitnya terhidrasi dengan baik.

Tentunya kita pun juga kerap melakukan hal sama dengan V, bukan? Tapi sesungguhnya bagaimana cara Kim Taehyung mempertahankan wajah bersih yang berkilau?

Inilah skincare yang digunakan V secara rutin. Menurut Sportskeeda, V mengikuti metode CTM (cleansing, toning, moisturising) yang sederhana namun efektif untuk mendapatkan kulit berkilau.

Dia mengaplikasikannya dengan hati-hati dan memastikan produk tersebut tersebar secara merata di seluruh sudut yang sulit dijangkau meskipun penyanyi tersebut hanya menggunakan sedikit produk perawatan kulit.

Nah, berikut adalah rutinitas perawatan kulitnya secara detail:

1. Pembersih untuk membersihkan semua kotoran

Meskipun paling mendasar dan sederhana, namun cleansing atau pembersihan merupakan step awal yang paling penting untuk menjaga kulit, sebab aktivitas ini menghilangkan semua kotoran berlebih, riasan, dan kotoran yang kita temui sepanjang hari

Banyak K-beauty yang juga sangat menekankan pembersihan yang tepat agar kulit bebas noda, dan idealnya seseorang harus mencuci muka dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Menghilangkan kotoran dari wajah juga penting agar produk lain dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. Selain itu, pembersihan secara rutin dengan produk lembut akan meningkatkan hidrasi kulit, membantu menjaga ukuran pori-pori yang tepat, dan meningkatkan regenerasi kulit yang membuat kita terlihat lebih muda.

Nah, agar dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif yang optimal, pilihlah pembersih atau sabun muka yang cocok dengan tipe kulitmu.

2. Toner untuk pembersihan mendalam dari sisa kotoran apa pun

Secara sederhana, toner digunakan untuk menyegarkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Toner juga berfungsi sebagai pembersih mendalam, menghilangkan semua kotoran atau sisa riasan yang mungkin terlewatkan oleh pembersih.

Membicarakan tentang toner, Kim Taehyung sangat berhati-hati dalam mengaplikasikan tonernya mengingat dokter kulitnya menyarankan agar dia dengan lembut menepukkan kapas ke wajahnya, bukan dengan jari ataupun menyekanya secara agresif.

Toner ringan berbahan dasar air secara efektif meminimalkan munculnya pori-pori dan mengencangkan kulit. Toner semakin menyeimbangkan kulit setelah dibersihkan dan menjaganya agar tidak terasa terlalu kering atau kencang.

Intinya, toner menyegarkan dan menenangkan kulit, menciptakan permukaan bersih agar pelembab dapat meresap lebih dalam ke kulit.

3. Krim wajah/ pelembab untuk menghidrasi

Banyak hal bisa didapatkan dari moisturizer mulai dari mencegah kekeringan, memperlambat tanda-tanda penuaan, melawan jerawat, hingga melindungi dari sinar matahari dan menenangkan kulit sensitif.

V BTS membagikan bahwa dia hanya menggunakan satu pelembab dan menggunakannya secara bebas ke seluruh wajahnya.

Dia dengan lembut memijat wajahnya dengan krim wajah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan kulit tetap kenyal. Menariknya, penyanyi tersebut juga melembabkan telinganya, sesuatu yang jelas-jelas tidak kita sadari harus dilakukan!

Disarankan untuk menggunakan krim terpisah pada siang hari dan krim lainnya pada malam hari berdasarkan jenis kulitmu. Krim siang dan malam berbeda fungsinya pada kulit.

Jika krim malam berfungsi memperbaiki kulit dengan cara meresap ke dalamnya sepanjang malam, krim siang memberikan perlindungan untuk kulit.

4. Krim tangan untuk melindungi dan menghidrasi kulit tangan

Sama seperti wajah kita, tangan kita juga memerlukan pelembab mengingat kebiasaan mencuci tangan dan sanitasi yang terus-menerus membuat tangan kita kering dan dehidrasi.

Kulit di bagian atas tangan memiliki lebih sedikit kelenjar sebaceous yang membuatnya lebih cepat kering dan menua.

Selain itu, paparan sinar matahari, air, dan polusi dapat menyebabkan pigmentasi, kerutan, serta penipisan kulit. Itulah mengapa krim tangan juga perlu untuk menjaga kondisi kulit tanganmu.

V sendiri lebih sering dengan hati-hati mengoleskan krim tangan ke sela-sela jari-jarinya sambil menambahkan ekstra krim dan mengoleskannya juga pada kutikula. Area-area yang sering kita abaikan ini membantu mencegah timbulnya hangnail loh!

5. Lip balm untuk menghindari bibir pecah-pecah

Lindungi bibir dengan lip balm, karena bibir pecah-pecah itu tidak keren! V mengaplikasikannya menggunakan jari-jarinya sehingga produk mencapai sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh stik lip balm.

Lip balm adalah salah satu kebutuhan pokok yang lebih dari sekadar memenuhi tujuan ‘cantik’. Karena kulit di bibir jauh lebih halus dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya, penting untuk menyertakan lip balm yang menutrisi sebelum cuaca buruk membuat bibirmu pecah-pecah, kusam, dan gelap.

Lip balm ini mengembalikan kelembapan dan minyak alami bibir, mencerahkannya, dan melepaskan sel kulit mati. Jangan lupa pula untuk memastikan lip balm-mu diperkaya dengan SPF untuk perlindungan terhadap sinar matahari yang berbahaya.

Selain itu, lip balm dapat diaplikasikan pada dasar kuku untuk menghidrasi kutikula dan berfungsi ganda sebagai perona pipi, bahkan highlighter untuk memberikan dasaran yang bersinar.

Selebriti K-pop pun sering menggunakan lip balm dan pewarna agar bibir tampak lebih indah dan terhidrasi.

Menjalani perawatan kulit secara rutin adalah salah satu kebiasaan gaya hidup yang sangat penting yang V yakini.

V sendiri juga menyarankan untuk minum banyak air tidak hanya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi tetapi juga menjaga elastisitas kulit. Jika kulit kita tidak mendapatkan cukup air, kemungkinan besar kulit akan menjadi kering, bersisik, serta lebih rentan terhadap penuaan.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/19/093356320/mendapatkan-kulit-sehat-ala-v-bts-apa-rahasianya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke