Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Meningkatkan Kebahagiaan

Namun, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan di pagi hari, yang akan memberikan pengaruh besar pada kebahagiaan sepanjang hari.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan setiap pagi jika ingin meningkatkan suasana hati sepanjang hari.

1. Menerapkan kebiasaan sehat
Menerapkan kebiasaan yang sehat setiap pagi terbukti dapat mendatangkan mood yang positif.

Misalnya, kita bisa meluangkan waktu untuk meditasi, atau menyempatkan olahraga singkat ke dalam rutinitas harian yang dapat membantu meningkatkan kebahagiaan.

"Ada banyak sekali kebiasaan sehat yang bisa membantu kita," kata seorang psikiater di Happify, Murray Zucker.

"Kuncinya adalah memulai dengan satu kebiasaan, lalu lekatkan dengan rutinitas yang sudah kita miliki. Kita menghubungkan kebiasaan dengan ritual," jelasnya.

Mengaitkannya dengan sesuatu yang sudah kita lakukan secara konsisten juga akan meningkatkan kebahagiaan dari waktu ke waktu.

"Mulailah dengan perlahan dan jadikan kebiasaan secara bertahap," ujar Zucker.

2. Singkirkan ponsel dari kamar
"Jangan letakkan ponsel di kamar," kata seorang pelatih karier dan kehidupan, Allison Task.

Itu karena ketika kita meraih ponsel atau gadget setelah bangun, kita dapat terpapar hal-hal yang bisa memicu kecemasan.

Selain itu, perangkat ini juga dapat mengganggu kualitas tidur, yang sangat terkait dengan perasaan sejahtera secara keseluruhan.

3. Menyapa diri sendiri
Zucker mencatat, orang cenderung berbicara kepada diri mereka sendiri di dalam kepala mereka, terutama di pagi hari saat merasa lelah atau stres tentang apa yang akan terjadi.

Tapi, kita bisa melakukan hal itu dengan berbicara pada diri sendiri sekaligus mengoreksi diri sambil menyapa dengan nama kita.

"Jika menggunakan nama kita dalam pembicaraan dengan diri sendiri, maka kita akan cenderung mengikuti saran kognitif," jelas Zucker.

Misalnya, jika kita memiliki presentasi besar di tempat kerja dan kita mengatakan pada diri sendiri kalau kita bisa melakukannya, itu akan membuat kita lebih sukses dan bahagia.

"Hanya dengan menggunakan nama kita sendiri saja itu bisa sangat membantu," kata Zucker.

4. Berbicara dengan orang terdekat
Melakukan kontak sosial dengan seseorang yang kita anggap positif, seperti pasangan, anak, teman, atau anggota keluarga besar setiap pagi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Jika orang terdekat kita berjauhan atau sama-sama sibuk, mungkin itu berupa panggilan telepon atau pesan singkat.

"Jika kita memiliki lebih banyak waktu, bertemu dengan seseorang untuk minum kopi untuk memulai hari benar-benar sebuah dorongan," kata Zucker.

Penelitian menunjukkan, meskipun kita tidak benar-benar bertemu dengan seseorang atau mengirimkan email atau pesan, mengirimkan ucapan selamat kepada mereka sudah cukup.

"Kita dapat memulainya dengan praktik apresiasi sederhana," kata Cortland Dahl, seorang peneliti di Center for Healthy Minds, Wisconsin-Madison University.

Cukup hadirkan seorang teman atau orang yang kita cintai ke dalam pikiran, kemudian secara sadar fokus pada hal-hal yang benar-benar kita hargai dari mereka.

5. Mempraktikkan rasa syukur
Meskipun ada banyak sekali kebiasaan yang dapat membantu meningkatkan kebahagiaan di pagi hari, namun mempraktikkan rasa syukur adalah kunci utamanya.

Dalam uji coba penelitian, orang-orang yang membuat jurnal tentang hal-hal yang mereka syukuri selama seminggu mendapat skor yang jauh lebih tinggi dalam ukuran kebahagiaan, daripada orang-orang yang mencatat hal-hal yang membuat mereka kesal.

Dan latihan bersyukur setiap hari bahkan dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan fisik, yang juga berkontribusi pada perasaan bahagia secara keseluruhan.

Ada banyak cara untuk menerapkan rasa syukur dalam rutinitas pagi, tapi itu bisa hal yang sederhana.

"Banyak agama melakukan doa pagi sebagai kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan," kata Task.

"Luangkan waktu sejenak untuk mensyukuri kita masih hidup, apa pun artinya bagi kita," sarannya.

Katakan pada diri sendiri kalau kita sangat bersyukur masih diberikan kehidupan dan segala hal baik yang datang.

Atau selain berdoa, kita juga bisa menemukan cara lain yang nyaman bagi kita untuk mengungkapkan rasa syukur di pagi hari, karena hal ini bisa membuat kita berada dalam kerangka berpikir yang lebih baik sepanjang hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/20/104816120/5-kebiasaan-di-pagi-hari-yang-meningkatkan-kebahagiaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke