Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Membersihkan Sepatu Lari

Nah, selanjutnya tentu menjadi pilihan kita masing-masing, apakah akan membiarkan sepatu tersebut kotor, atau ingin kembali membersihkannya.

Jika pilihannya adalah membersihkan sepatu lari tersebut, maka ada beberapa "aturan" yang harus diperhatikan agar proses pembersihan tadi tak membuat sepatu rusak.

Apalagi, mengingat harga sepatu lari yang tidaklah murah, tentu tak bisa terbayang jika kita tanpa sengaja merusak sepatu tersebut saat ingin membersihkannya, bukan?

Konsultan alas kaki dan atlet Under Armour, Emma Kirk Odunubi, pun secara khusus berbagi mengenai tips merawat sepatu lari. Ternyata, saran untuk mencucinya pun cukup sederhana.

"Jika kotor, biarkan hingga kering-di luar ruangan. Jika kamu memiliki teras atau balkon, letakkan di sana."

"Lalu, gunakan sikat gigi bekas dan sedikit cairan pembersih. Gosok saja," kata Kirk Odunubi.

Jadi, kabar baiknya adalah, kita tidak perlu berinvestasi pada produk khusus untuk membersihkan sepatu.

Tetapi, kabar buruknya, membersihkan sepatu lari adalah proses yang membutuhkan banyak tenaga, apalagi jika kita menginginkan hasil terbaik.


Bolehkah memasukkan sepatu lari ke dalam mesin cuci?

Jalan pintas untuk membersihkan sepatu adalah dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci, namun hal ini berisiko merusak sepatu.

"Sebagai seorang tradisionalis, saya sama sekali tidak menyarankan untuk tidak memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci," kata Kirk Odunubi.

"Tetapi ada beberapa orang yang melakukannya jika sepatu mereka sangat kotor."

"Jika kamu akan memasukkannya ke dalam mesin cuci, taruhlah di dalam sarung bantal, gunakan mesin cuci dingin dan lepaskan tali sepatu."

"Sebab, jika kamu memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci air panas, itu bisa merusak bantalannya," sambung dia.

Bagaimana cara mengeringkan sepatu lari?

Setelah sepatu bersih, kita harus mengeringkannya dengan aman, dan kita tidak bisa mengambil jalan pintas dalam urusan yang satu ini. 

Jangan gunakan mesin pengering, atau letakkan sepatu di atas radiator yang panas.

"Di dekat radiator tidak masalah sehingga mereka mendapatkan sedikit panas, tapi jangan letakkan sepatu di atas radiator saat menyala," kata Kirk Odunubi.

"Banyak sepatu dibuat dalam kondisi panas - bagian atasnya dicetak dengan panas - jadi jika kita meletakkannya di atas sumber panas langsung seperti radiator, maka dapat melunakkan dan melelehkan beberapa bagian dan sepatu bisa kehilangan bentuknya."

Sebaiknya, cukup letakkan sepatu basah di tempat yang hangat dan berventilasi baik.

Atau, kita bisa meletakkannya di depan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Juga bisa mengisi sepatu dengan koran bekas, dan ganti kertasnya jika sudah lembap.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/22/070638520/cara-tepat-membersihkan-sepatu-lari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke