Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Menurut Penata Rambut

KOMPAS.com - Banyak orang menginginkan rambut yang panjang dan cantik, tetapi seringkali merusaknya dengan penggunaan alat penataan rambut yang memiliki panas berlebih, perawatan kimiawi, dan pewarna rambut.

Mendapatkan rambut yang panjang dan sehat bukanlah tugas yang mudah karena kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan semacam ini dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah.

Siapa pun yang pernah mengalami rambut bercabang pasti tahu betapa tidak menyenangkan kondisi tersebut.

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Namun terbaik untuk mengatasi masalah rambut bercabang ini adalah mencegahnya sejak dini.

Seperti, menggunakan kondisioner tanpa bilas, masker rambut, dan resep perawatan rambut alami.

Selain itu, merawat rambut dengan gaya hidup sehat juga penting, seperti menghindari kolam renang berisi klorin, membatasi penggunaan alat panas, dan mengurangi frekuensi menyisir rambut.

Namun, jika rambut sudah telanjur bercabang, ada cara untuk menutupi kondisinya dan membuatnya terlihat sehat untuk sementara waktu.

Berikut tips dari para penata rambut untuk mengatasi rambut bercabang.


  • Menggunakan minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa sangat banyak, termasuk untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe, pertumbuhan rambut yang sulit, dan ujung rambut yang kering.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga terbukti mengurangi kehilangan protein pada rambut.

Jika kamu ingin mengatasi rambut bercabang, penata rambut terkenal, Jesse Montana, menyarankan penggunaan perawatan minyak kelapa yang dapat kita buat sendiri.

Meskipun perawatan ini tidak akan menyembuhkan ujung rambut yang bercabang, namun minyak kelapa dapat memberikan tampilan lebih rapi dan lembut.

Ini juga akan memberikan kelembapan pada setiap helai rambut.

Untuk hasil terbaik, Montana menyarankan memulai perawatan pada rambut yang sudah dicuci dan hanya setengah kering.

"Minyak alami ini cukup kental, jadi pastikan untuk menggunakannya dengan sedikit-sedikit dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan, tetapi hindari akar rambut," kata Montana.

Untuk perawatannya, cukup ambil satu sendok minyak kelapa (sekitar seperempat genggam), oleskan dari ujung hingga pertengahan batang rambut.

Setelah itu, kumpulkan rambut dan bungkus dengan handuk atau plastik, lalu tunggu selama 30 menit sebelum membilasnya.

  • Kuncir atau kepang rambut

Jika tak memiliki cukup waktu untuk pergi ke salon atau merawat rambut dengan masker, manfaatkan kreativitas untuk menyembunyikan rambut bercabang dengan styling rambut yang cerdik.

Hampir semua jenis gaya rambut, termasuk kunciran atas atau kepang, dapat berhasil menyamarkan ujung rambut yang bermasalah.

Atau, tambahkan sentuhan aksesori seperti syal, jepit rambut, atau topi yang menarik.

Cara lain yang sedang populer untuk menyembunyikan rambut bercabang adalah dengan metode "hair tuck", di mana kita membiarkan bagian bawah rambut terselip di sepanjang garis leher kemeja atau jaket.

Teknik ini cocok terutama untuk pakaian dengan leher tinggi (seperti turtleneck) atau luaran dengan kerah yang kuat. Ini bisa membantu menjaga rambut tetap tertata dengan baik.

Namun, jika rambut bertekstur, perlu berhati-hati, karena rambut yang halus dapat terjepit dan menyebabkan kerusakan.

  • Gunakan kondisioner tanpa bilas

Kondisioner tanpa bilas dapat memberikan kelembapan dan membuat rambut bercabang terlihat lebih halus untuk sementara waktu.

Hasilnya, rambut akan terasa selembut sutra tanpa terlihat adanya kerusakan.


  • Gunakan heat protection

Jika kita tidak dapat menghindari penggunaan catok atau pengering rambut, pastikan untuk mengaplikasikan heat protection atau pelindung panas pada rambut sebelum melakukan penataan rambut.

Ini akan berfungsi sebagai pelindung antara rambut dan panas yang tinggi, membantu menjaga kesehatan dan keutuhan rambut.

  • Masker alpukat

Pada akhirnya, kunci untuk memperbaiki rambut bercabang adalah pencegahan.

Masker rambut yang kaya nutrisi, melapisi setiap helai rambut dengan elemen penting untuk kesehatannya, dapat membantu mencegah rambut bercabang.

Campuran masker alpukat yang direkomendasikan oleh penata rambut Alessandra Saman terdiri dari satu buah alpukat, satu butir telur, dan beberapa tetes minyak zaitun.

Kandungan asam lemak, vitamin E, dan K dalam bahan-bahan ini berperan dalam melembutkan, melembabkan, memperbaiki, dan melindungi rambut dan folikelnya.

Cara membuatnya:

Haluskan alpukat dan campur dengan telur. Tambahkan minyak zaitun hingga mencapai konsistensi yang sedikit lebih kental dari kondisioner yang dapat dibeli di toko.

Oleskan campuran ini pada rambut, fokus pada ujung rambut, biarkan selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Minyak alami

Mengoleskan minyak alami pada ujung rambut tidak hanya dapat memberikan nutrisi pada helai rambut yang rusak, tetapi juga membantu mengurangi tampilan rambut bercabang.

Jika kita ingin menggunakan minyak alami ini, cobalah minyak almond manis atau minyak Argan, keduanya tersedia dalam bentuk murni dan umumnya ditemukan dalam daftar bahan produk perawatan rambut terkenal.

Minyak almond adalah pelembap yang kaya akan vitamin D dan E, serta mengandung berbagai mineral.

Minyak ini membantu menenangkan kulit dari iritasi dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Dalam keadaan terdesak, kita bisa meneteskan beberapa tetes pada ujung rambut yang sudah dikeringkan dengan handuk.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak. Tambahkan sedikit demi sedikit dan tambahkan sesuai kebutuhan.


  • Handuk mikrofiber

Meskipun kita mungkin tidak berpikir dua kali untuk membungkus rambut dengan handuk biasa, namun hal itu ternyata dapat meningkatkan kemungkinan rambut bercabang.

Sebab simpul-simpul kecil pada handuk katun dapat bersifat abrasif pada helai rambut, menyebabkan rambut tersangkut, dan menciptakan sobekan-sobekan kecil yang pada akhirnya menyebabkan rambut bercabang.

Handuk mikrofiber, memiliki serat yang 200 kali lebih tipis dari helai rambut dan lebih efektif menyerap kelembapan.

Ini berarti handuk mikrofiber lebih halus pada rambut dan mempercepat waktu pengeringan.

  • Minyak ikan

Meskipun minyak ikan mungkin bukan pilihan pertama dalam perawatan rambut, namun kandungan asam lemak yang kaya di dalamnya dapat memberikan manfaat signifikan pada pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Asam lemak ini mendukung kekuatan helai rambut, merangsang sirkulasi kulit kepala, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk membuat rendaman, Montana menyarankan untuk mencampurkan dua kapsul minyak ikan dengan satu sendok makan minyak kelapa dan beberapa tetes minyak lavender dalam panci.

Panaskan campuran tersebut dengan api kecil selama lima menit.

Setelah itu, tuangkan campuran ke dalam mangkuk besar, celupkan ujung rambut ke dalamnya, dan usapkan campuran ke batang rambut (hindari akar rambut).

Bungkus rambut dengan handuk atau bungkus plastik, dan biarkan meresap selama 40 menit sebelum mencuci rambut.

Minyak omega 3 dan 6 alami dalam minyak ikan akan mengatasi masalah rambut bercabang kamu.

Agar rambut tidak terasa lembap berlebihan dan mencegah helai rambut yang lemas, sebaiknya gunakan sampo dua kali sebagai tindak lanjut dari masker ini.


  • Hindari menyikat dan keramas berlebihan

Meskipun menyisir dan keramas adalah bagian dari perawatan rambut dasar, melakukan keduanya secara berlebihan dapat memperburuk kerusakan yang menyebabkan rambut bercabang.

Penelitian menunjukkan, perubahan struktural pada serat rambut terjadi akibat kegiatan seperti menyisir, keramas, dan perawatan lainnya, terutama saat rambut dalam keadaan basah.

Rambut yang diwarnai dan dikeriting lebih rentan terhadap kerusakan semacam ini.

Atasi rambut bercabang dengan menghindari menyisir rambut dengan keras dan mengurangi frekuensi keramas.

Para ahli merekomendasikan keramas satu hingga tiga kali seminggu, tergantung pada jenis rambut dan kulit kepala.

  • Madu dan minyak zaitun

Kombinasi pelembap dari madu dan minyak zaitun menjadikannya duo dinamis untuk menutrisi rambut rusak.

Madu menawarkan sifat emolien, dan mengkondisikan rambut, menjadikannya pelembap yang ideal untuk rambut kering yang rentan bercabang.

Spesialis ekstensi, Melissa Brown madu juga sangat bagus untuk merawat kulit kepala yang kering dan meningkatkan kilau.

Coba campurkan tiga sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan madu mentah.

Oleskan campuran ini pada rambut yang sudah dikeramas dan biarkan selama 20-30 menit. Bilas rambut dan lanjutkan dengan mencuci menggunakan sampo pembersih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/15/114539120/10-cara-mengatasi-rambut-bercabang-menurut-penata-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke