Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai di TikTok, Benarkah Makan Ikan Sarden Ampuh Wujudkan Glass Skin?

KOMPAS.com - TikTok kerap diwarnai dengan berbagai tren dan tips terbaru berkaitan dengan kecantikan.

Terbaru, sejumlah pengguna TikTok mengaku mendapatkan kulit yang mulus dan lembab berkat rutin makan ikan sarden.

Mereka bisa memiliki glass skin yaitu kulit yang begitu jernih, lembab, dan tanpa cela sehingga tampak sehalus kaca tanpa harus mengeluarkan uang untuk perawatan kulit mahal.

Benarkah demikian? Apakah ini hanya sekedar kebetulan belaka atau memang berbasis ilmiah? Berikut penjelasan pakar, dikutip dari Huffpost.

Pentingnya asupan nutrisi untuk kesehatan kulit

Amanda Nighbert, ahli diet terdaftar yang berbasis di Kentucky mengatakan ikan sarden adalah sumber nutrisi yang sangat baik.

“Satu porsi sarden seberat empat ons saja sudah rendah kalori, tinggi protein, dan sedikit atau bahkan tidak mengandung karbohidrat,” ujarnya.

“Satu porsi memberi Anda banyak asam lemak omega-3, 30-70 persen kebutuhan vitamin D harian Anda, hingga 130 persen kebutuhan B12, dan 70-90 persen kebutuhan selenium harian Anda."

Dr. Angela Casey, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Ohio menambahkan, nutrisi adalah faktor utama kesehatan kulit, khususnya untuk penampilan yang lebih baik.

“Ketika kita tidak memiliki pola makan yang seimbang, kita sedang berjuang keras," terangnya.

“Dalam banyak kasus, kesehatan kulit yang buruk dapat diperbaiki dengan melakukan sedikit perubahan pada pola makan Anda,” kata Nighbert.

Untuk meningkatkan kesehatan kulit, ia menyarankan mengonsumsi makan kaya vitamin C, E, A, D, K dan B, seng, selenium, kolagen, dan asam lemak omega-3.

Banyak dari nutrisi ini ditemukan dalam ikan sarden seperti selenium dan vitamin B dan D, serta khususnya lemak dan asam lemak omega-3.

“Lemak dan kolesterol merupakan komponen penting bagi kulit kita,” kata Casey.

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan secara keseluruhan dengan membantu mengatur kadar glukosa, mendukung produksi otot, dan memperlambat proses penuaan.

Benarkah ikan sarden berguna bikin glass skin?

“Penting untuk diingat bahwa meningkatkan kesehatan kulit Anda kemungkinan besar membutuhkan lebih dari sekedar menambahkan satu makanan tertentu ke dalam diet Anda,” kata Nighbert.

Mengonsumsi ikan sarden setiap hari pasti akan membantu mengisi kekurangan nutrisi yang mungkin belum optimal.

"Namun untuk melihat hasil terbaik, Anda memang harus memperhatikan pola makan Anda secara keseluruhan. Ada banyak makanan yang mungkin sering Anda makan yang membuat kulit Anda tidak sehat," jelas Nighbert.

Ia menekankan, pola makan tinggi gula, tepung, gorengan, dan makanan olahan juga harus dihindari.

“Semua orang menyukai makanan cepat saji, dan tren 'makan sarden untuk glass skin' adalah contoh lain dari solusi sederhana,” kata Casey.

“Sarden bukanlah jawaban untuk mendapatkan kulit kaca. Masih banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan.”

Misalnya, cukup tidur di malam hari, menggunakan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet, minum cukup air, serta membersihkan dan melembabkan kulit dengan benar.

Akan tetapi, ikan sarden bisa menjadi bagian dari pola makan sehat yang membantu mewujudkan glass skin.

“Ikan SMASH (salmon, mackerel, teri, sarden, herring) kaya akan asam lemak omega-3 dan rendah merkuri, menjadikan ikan ini salah satu pilihan tersehat yang tersedia," tandas Casey.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/30/125642220/ramai-di-tiktok-benarkah-makan-ikan-sarden-ampuh-wujudkan-glass-skin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke